Tol Layang Cikampek Diresmikan, Lalu Lintas di Bawahnya Diprediksi Kembali Normal

Kompas.com - 13/12/2019, 10:20 WIB
Iring-iringan kendaraan yang membawa Presiden Joko Widodo melintasi Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek usai diresmikan di Bekasi, Jawa Barat, Kamis (12/12/2019). Jalan tol tersebut akan dibuka untuk mendukung arus lalu lintas libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. ANTARA FOTO/AKBAR NUGROHO GUMAYIring-iringan kendaraan yang membawa Presiden Joko Widodo melintasi Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek usai diresmikan di Bekasi, Jawa Barat, Kamis (12/12/2019). Jalan tol tersebut akan dibuka untuk mendukung arus lalu lintas libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

CIKAMPEK, KOMPAS.com - Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi mengatakan, setelah Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek atau Tol Jakarta-Cikampek II Elevated resmi beroperasi, kendaraan yang melalui ruas tol eksisting dapat melintas lebih cepat.

Ini karena pembangunan jalan dilakukan di atas sebagian ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek. Dengan demikian, saat proses konstruksi, rerata kecepatan kendaraan berkurang.

"Kecepatan sementara rata-rata di sini pada saat pembangunan rata-rata 20, 25 kadang bisa 15 kilometer per jam," ucap Budi, Kamis (12/12/2019).

Budi menambahkan, kecepatan kendaraan di tol eksisting dapat meningkat, dan akan kembali normal menjadi lebih dari 40-50 kilometer per jam.

Beroperasinya tol yang dikelola PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek (JJC) ini diharapkan dapat mengurangi kemacetan ruas eksisting hingga 30 persennya.

Budi mengatakan, pada hari-hari normal, jumlah lalu lintas harian rata-rata sebesar 25.000 kendaraan dalam satu arah.

Jalan tol ini membentang di sebagian ruas Jakarta-Cikampek eksisting tersebut dirancang sepanjang 36,4 kilometer, dan klaim sebagai jalan tol layang terpanjang di Indonesia.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X