Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/12/2019, 20:46 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR saat ini sedang memperbaiki kemiringan yang terjadi pada tanggul National Capital Integrated Coastal Development (NCICD) Muara Baru di sisi timur pengaman pantai Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Nizam Zachman, Penjaringan, Jakarta Utara. 

Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR Hari Suprayogi mengungkapkan hal tersebut dalam jawaban tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (12/12/2019).

Menurut Hari, dari hasil pengamatan timnya di lapangan, telah terjadi masalah konstruksi yang menyebabkan tanggul jebol yakni tiang pancang bulat (spun pile) tanggul mengalami kemiringan 45 derajat atau sepanjang 176 meter dari total panjang tanggul 2.300 meter persegi yang telah terbangun di Muara Baru.

“Karena paket pekerjaan ini masih dalam tahap pelaksanaan, maka penyedia jasa konstruksi akan melakukan perbaikan pada struktur tanggul pengaman pantai yang miring pada lokasi tersebut,” terang Hari.

Langkah awal perbaikan telah dilakukan dengan penutupan lokasi kejadian untuk meminimalisasi masuknya pihak yang tidak berkepentingan demi menjaga keamanan dan keselamatan jiwa.

Baca juga: Ini Penyebab Robohnya Tanggul Laut NCICD

Setelah itu, Direktorat SDA Kementerian PUPR juga melakukan observasi dengan Pusat Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Air termasuk dengan para pelaksana, konsultan supervisi untuk menghasilkan beberapa cara efektif pada perbaikan tanggul.

Hari pun mengatakan bahwa tanggul tidak mungkin ditegakkan lagi mengingat ada beberapa konstruksi di dalam tanggul yang harus dilakukan. 

Potensi kerugian yang diakibatkan dari jebolnya tanggul NCICD terhadap lingkungan sekitar sangat kecil dikarenakan tidak banyak warga yang melakukan serangkaian aktivitas di lokasi tersebut. 

Berdasarkan data dari Direktorat Jenderal SDA Kementerian PUPR, kawasan pesisir Jakarta terus mengalami penurunan permukaan tanah. Hal tersebut yang mengakibatkan wilayah Jakarta Utara mengalami banjir rob.

Pembangunan tanggul NCICD menjadi tugas Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) serta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan swasta.

Saat ini, Kementerian PUPR telah mengerjakan sebanyak 4,5 kilometer dan Pemprov DKI telah mengerjakan 4,4 kilometer dari target pembangunan jangka pendek sepanjang 20,1 kilometer di kawasan Muara Baru, Kalibaru, dan beberapa lokasi lainnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com