Tol Layang Cikampek Beroperasi, Jokowi Yakin Kemacetan Teratasi

Kompas.com - 12/12/2019, 15:46 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek atau Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated, Kamis (12/12/2019). Rosiana Haryanti/Kompas.comPresiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek atau Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated, Kamis (12/12/2019).

CIKARANG, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jalan Layang Tol Jakarta-Cikampek atau Tol Jakarta-CIkampek II Elevated, Kamis (12/12/2019).

Dia mengharapkan, dengan selesainya pembangunan dan beroperasinya jalan bebas hambatan tersebut, tidak ada lagi keluhan masyarakat tentang kemacetan.

"Diharapkan dengan selesainya Tol Layang Jakarta-Cikampek, masalah itu (kemacetan) tidak terdengar lagi," ucap Presiden di KM 38+400 Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek.

Jokowi mengatakan, jalan tol layang berbayar ini dapat mengurangi kemacetan di Tol Jakarta-Cikampek eksisting sebesar 30 persen. Dengan demikian, masyarakat yang melintas dapat menghemat bahan bakar.

Baca juga: Resmi, Tol Layang Terpanjang di Indonesia Dibuka Jokowi

Kepala negara mengungkapkan, pembangunan jalan tol layang terpanjang di Indonesia tersebut tidak berlangsung mulus, ada banyak kendala dan tantangan.

Antara lain sebagian posisinya berada di atas tol eksisting, dan diapit dua proyek lainnya yang sedang dikerjakan yakni Kereta Cepat Jakarta-Bandung dan Light Rapid Transit (LRT) Jabodebek.

"Tapi alhamdulillah semua berjalan dengan lancar, sehingga kita harapkan bisa mengurai kemacetan yang sering dirasakan oleh masyarakat selama terjebak berjam-jam, sekarang bisa kita hindari," tutur Presiden

Setelah resmi beroperasi, jalan tol yang membentang dari Cikunir hingga Karawang Barat tersebut dapat dilalui kendaraan khususnya saat Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 (Nataru), dengan ketentuan bebas tarif alias gratis.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X