Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/12/2019, 07:47 WIB
Rosiana Haryanti,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Rupa-rupa foto lokasi M Blok Space mulai memenuhi linimasa dunia maya. Sejak dibuka, ruang kreatif ini telah menarik perhatian khalayak.

Betapa tidak, bangunan rumah bergaya vintage dengan arsitektur tropis dekade 1950-an berdiri dan tertata rapi di pinggir jalan.

Pada zaman dulu rumah-rumah ini adalah rumah dinas Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Perum Peruri).

Sebanyak 16 rumah dinas berubah menjadi deretan kedai dengan merek lokal.

Sementara pada bagian belakang deretan rumah terdapat gudang yang terdiri dari 12 buah bangunan.

Kini, gudang-gudang tersebut telah beralih fungsi menjadi kedai serta tempat pertunjukan musik.

Sejumlah mural yang berada di ruang tengah M Bloc Space menjadi spot foto bagi anak mudaAlbertus Eka Sejumlah mural yang berada di ruang tengah M Bloc Space menjadi spot foto bagi anak muda
Pimpinan Eksekutif M Bloc Space Handoko Hendroyono menerangkan, sebelum aset bangunan tersebut berubah menjadi creative hub, pihak Peruri sudah memiliki masterplan untuk mengubah kompleks gedung yang berada di Jalan Panglima Polim ini menjadi superblok.

Salah satu hal yang paling menonjol dari pengembangan ini adalah tidak adanya ruang parkir kendaraan.

Handoko menuturkan, cara ini dipilih guna mengedukasi sekaligus memaksa publik untuk lebih memanfaatkan fasilitas publik.

Tak hanya itu, cara ini diharapkan dapat menghidupkan kembali budaya berjalan kaki. Tujuan pengelola M Bloc Space untuk tidak memberikan tempat untuk parkir justru menambah ruang publik baru.

Lalu, konsep pembangunan M Bloc Space juga diharapkan mampu mendorong masyarakat untuk lebih memanfaatkan transportasi publik seperti Mass Rapid Transit (MRT) dan TransJakarta.

M Bloc Space berdiri berada di lokasi strategis dan mudah dijangkau dari stasiun MRT, halte TransJakarta koridor 13, serta Terminal Bus Blok M.

Glenn Fredly saat menggelar showcase Romansa Ke Masa Depan di M Bloc Space, Jakarta Selatan, Kamis (14/11/2019) KOMPAS.com/ Revi C Rantung Glenn Fredly saat menggelar showcase Romansa Ke Masa Depan di M Bloc Space, Jakarta Selatan, Kamis (14/11/2019)
Sejak dibuka, creative hub ini telah menarik banyak perhatian, terutama kalangan muda. Bukan hanya itu, konsep pengembangan M Bloc Space pun juga menekankan inklusivitas.

Arsitek Jacob Gatot Sura menambahkan, saat memaparkan konsep untuk pengembangan M Bloc, mengaku kesulitan mengakomodasi keinginan berbagai pihak untuk pengadaan tempat parkir kendaraan.

"Satu hal yang kami perjuangkan adalah menutup jalan di depan untuk kendaraan," Jacob di Jakarta, Senin (9/12/2019).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com