Dukung Percepatan Ekonomi, BPJN X Kupang Genjot Proyek Jalan Kolbano-Boking

Kompas.com - 08/12/2019, 22:09 WIB

KUPANG, KOMPAS.com - Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) X Kupang Nusa Tenggara Timur (NTT) terus mengenjot pembangunan ruas Jalan Kolbano-Boking di bagian selatan Pulau Timor.

Hingga awal Desember 2019, tengah dikerjakan sepanjang tiga kilometer ruas jalan utama yang menghubungkan Kabupaten Kupang, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), dan Kabupaten Malaka.

Kepala BPJN X Kupang Muktar Napitupulu mengatakan, pengerjaan jalan Kolbano-Boking ini, selain memudahkan akses masyarakat TTS dan Malaka, juga mendukung percepatan pertumbuhan ekonomi di wilayah Itu.

"Kami tetap berkomitmen membangun jalan di NTT. Walaupun ini jalan provinsi, tapi kami tetap memberikan alokasi dana karena jalan ini merupakan urat nadi yang menghubungkan Kupang, Malaka hingga Timor Leste," ujar Muktar kepada Kompas.com, Sabtu (7/12/2019).

Baca juga: Gubernur NTT Sebut Tambang Galian C Tak Berizin Hambat Pembangunan

Muktar menyebut, jalan yang akan dibangun sepanjang 9 kilometer yang konstruksinya dimulai pada 2019 dan 2020.

Untuk tahun 2019 ini akan dibangun sepanjang 3 kilometer dengan pagu anggaran Rp 11 miliar. Sedangkan pada tahun 2020 mendatang akan dibangun lagi 6 kilometer.

Muktar yakin BPJN X Kupang dapat menuntaskan pembangunan jalan sejauh 9 kilometer, sehingga harga kebutuhan pokok di Malaka yang selama ini mahal, bisa turun dan terjangkau.

Dengan kondisi jalan yang mulus, tentu akan membuat Kabupaten Malaka sejajar dengan sejumlah kabupaten lainnya di daratan Pulau Timor, seperti Kabupaten Timor Tengah Selatan, Timor Tengah Utara, dan Belu.

Muktar berharap, masyarakat bisa menikmati lalu lintas dan arus pergerakan barang dan jasa. Karena itu, dia berterima kasih kepada Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat yang telah berjuang mendapatkan anggaran untuk pembangunan jalan.

Lepas dari itu, Muktar berpesan kepada masyarakat akan memelihara jalan dengan baik.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.