Bangun 6 Green Rest Area, JMRB Butuh Rp 600 Miliar

Kompas.com - 08/12/2019, 07:00 WIB
Tinari Cafe di Rest Area 360 di Tol Batang-Semarang Sonny SebastianTinari Cafe di Rest Area 360 di Tol Batang-Semarang

BATANG, KOMPAS.com - Diresmikannya Rest Area 360 Tol Batang-Semarang pada Sabtu (7/12/2019), menandai realisasi dari strategi PT Jasa Marga (Persero) Tbk untuk mengembangkan green rest area sebagai bagian dari program green tollroad.

Direktur Operasi PT Jasa Marga Related Business (JMRB), anak usaha Jasa Marga, Tita Paulina mengatakan hal itu kepada Kompas.com, Sabtu (7/12/2019).

"Ïni pilotting  dari green rest area. Nanti akan ada beberapa lagi yang mengacu pada konsep hijau," kata Tita.

Rest Area 360 dilengkapi 51 fasilitas, termasuk kebun binatang mini atau mini zoo, fasilitas untuk kaum difabel dan lansia, pengolahan sampah plastik dan organik, serta taman bermain, dan kolam.

Baca juga: Ada Mini Zoodi Rest Area 360 Tol Batang-Semarang

Sementara kapasitas parkir untuk kendaraan kecil sebanyak 250 unit, dan kapasitas kendaraan besar sebanyak 100 unit.

Adapun untuk ruang ritel komersial dan ruang ritel usaha mikro kecil menengah (UMKM) telah diisi oleh sejumlah peritel lokal dengan jumlah 36 di area biasa seperti Monggo Moro, Banaran, dan peritel souvenir, serta 7 peritel di pujasera premium.

Rest Area 360 Tol Batang-SemarangDokumentasi JMRB Rest Area 360 Tol Batang-Semarang
JMRB berencana menambah enam tempat istirahat baru di ruas tol yang dipegang konsesinya oleh induk usaha. Terutama, untuk ruas tol yang sejauh ini belum memiliki tempat istirahat.

Untuk lokasinya, rest area baru ini berada di Tol Pandaan-Malang dan Gempol-Pasuruan masing-masing dua unit dan Tol Balikpapan-Samarinda serta Kualanamu-Tebing Tinggi masing-masing satu unit.

Adapun luas area yang dibangun berkisar antara 4-6 hektar dengan investasi Rp 100 miliar untuk setiap rest area.

Itu artinya, JMRB bakal merogoh kocek sekitar Rp 600 miliar untuk pembangunan keenam rest area tersebut.

"Ini nanti kami yang investasi dan kelola. (Kebutuhan) investasi rest area itu kurang lebih ya, karena di dalamnya ada infrastrukturnya dan bangunan untuk ritel," ucap Tita.

Dengan demikian, JMRB akan mengelola 35 tempat istirahat di seluruh jalan tol yang dibangun induk usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk hingga 2021 mendatang.

 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X