Resmi Beroperasi, Rest Area 360 Raih Rekor MURI

Kompas.com - 07/12/2019, 14:20 WIB
Direktur Utama PT Jasamarga Rest Area Batang (JRB) Irwan Artigyo Sumadio menerima piagam rekor Rest Area dengan fasilitas terlengkap di Indonesia dari Executive Manager MURI Sri Widayati, disaksikan Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk Desi Arryani, di Batang, Sabtu (7/12/2019). Sonny SebastianDirektur Utama PT Jasamarga Rest Area Batang (JRB) Irwan Artigyo Sumadio menerima piagam rekor Rest Area dengan fasilitas terlengkap di Indonesia dari Executive Manager MURI Sri Widayati, disaksikan Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk Desi Arryani, di Batang, Sabtu (7/12/2019).

BATANG, KOMPAS.com - Tempat Istirahat KM 360 Tol Batang-Semarang atau Rest Area 360 secara resmi dibuka Sabtu (7/12/2019) ini. 

Komisaris Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk Sapto Amal Damandari mengatakan, dengan diresmikannya Rest Area 360 ini menandakan tugas Jasa Marga sebagai penyelenggara dan pengelola lengkap dalam melayani pengguna tol.

"Selain itu, kehadiran Rest Area 360 juga diharapkan dapat mendorong daya kompetisi dan tingkat perekonomian warga sekitar. Karena ritel-ritel yang mengisi rest area ini terdiri dari UMKM dan itu terseleksi dengan baik," tutur Sapto kepada Kompas.com.

Rest Area 360 Tol Batang-SemarangDokumentasi JMRB Rest Area 360 Tol Batang-Semarang
Dan penghargaan Rekor MURI, menurut Sapto, adalah apresiasi terhadap hasil kerja sinergi BUMN yang terdiri dari PT Perkebunan Nusantara IX (Persero), PT PP Konstruksi (Persero) Tbk , PT PP Properti (Persero) Tbk, dan PT Jasa Marga Related Business (JMRB).

Baca juga: Ada Mini Zoodi Rest Area 360 Tol Batang-Semarang

Hal senada dikemukakan Direktur Utama PT Jasamarga Semarang Batang (JSB) selaku pemegang konsesi Jalan Tol Batang-Semarang Arie Irianto.

Menurutnya, untuk saat ini Rest Area 360 mengakomodasi peritel-peritel lokal dan UMKM dengan proses seleksi. 

Rest Area 360 Tol Batang-SemarangDokumentasi JMRB Rest Area 360 Tol Batang-Semarang
"Hal ini dilakukan agar peritel yang membuka gerainya dapat memenuhi kebutuhan pengguna tol, serta tampil dengan pelayanan terbaik," imbuh Arie.

Untuk diketahui, Rest Area 360 menempati lahan seluas 7,6 hektar, dan dirancang dengan kapasitas kendaraan kecil 250 unit, dan kapasitas kendaraan besar 100 unit. 

Adapun kategori penghargaan yang diberikan MURI adalah rest area dengan fasilitas terlengkap yakni 51 fasilitas. 

Baca juga: Dirut Jasa Marga Suka GIGI dan Via Vallen

Fasilitas-fasilitas tersebut di antaranya VIP Lounge,  Masjid, Taman Bermain, Pompa dan Tandon Air Bersih Cadangan di Area Masjid, Toilet Pria, Toilet Wanita, Toilet Difabel Pria, Toilet Difabel Wanita, Parkir Kendaraan Kecil, Panggung Hiburan, Parkir Khusus Difabel, Parkir Khusus Wanita, Taman Hias, Posko Kendali, Posko Event, Toilet Pria, Toilet Wanita, Toilet Difabel,  dan Ruang IT.

Rest Area 360 Tol Batang-SemarangDokumentasi JMRB Rest Area 360 Tol Batang-Semarang
Kemudian fasilitas Istirahat Supir Truk, Ruang Kanntor Pengelola 360,  Parkir Kendaraan Kecil, Parkir Kendaraan Besar, Ruang Meeting, Panggung Hiburan, Tanki Solar, Genset, Pompa dan Instalasi Air Bersih, Tandon, Tandon Air Bersih Cadangan di Area Gedung S, dan  Instalasi Daur Ulang Limbah Plastik.

Selanjutnya Tambal Ban, Pompa Hydrant, Tempat Pembuangan Sampah, Instalasi Pembuangan Limbah,  SPBU, Gedung Utama/ UMK/ Parkir VIP, Klinik kesehatan, Ruang Laktasi, Ruang Lansia, Ruang Difabel, Posko Keamanan, Posko Kebersihan, Pusat Informasi, ATM,  Kolam & Pulau Sinergi, Taman & Sign BUMN, Lapangan Olahraga, Mini Zoo, Taman Hijau, dan Budidaya Lebah.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X