Jokowi: Tol Kunciran-Serpong Dorong Integrasi Kawasan Industri Banten-Jakarta

Kompas.com - 06/12/2019, 16:44 WIB
Presiden Joko Widodo meresmikan Tol Ruas Tol Kunciran-Serpong. Acara peresmian dilakukan di Gerbang Tol Parigi, Tangerang Selatan, pada Jumat (6/12/2019) pukul 16.00 WIB. KOMPAS.com/IhsanuddinPresiden Joko Widodo meresmikan Tol Ruas Tol Kunciran-Serpong. Acara peresmian dilakukan di Gerbang Tol Parigi, Tangerang Selatan, pada Jumat (6/12/2019) pukul 16.00 WIB.

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi  membuka Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2 Ruas Kunciran-Serpong, Jumat (6/12/2019).

Dalam sambutannya, Presiden menyebut, beroperasinya jalan ini membuat konektivitas dari Banten menuju Jakarta dan sebaliknya semakin cepat.

"Jalan tol ini akan mempercepat konektivitas Banten ke Jakarta," ucap Presiden saat peresmian di Gerbang Tol Parigi, Jumat (6/12/2019).

Baca juga: Presiden Resmikan Tol JORR 2 Ruas Kunciran-Serpong

Presiden melanjutkan, dampak lain dari beroperasinya jalan tol sepanjang 11,2 kilometer tersebut adalah mampu menyambung kawasan sentra logistik dan distribusi.

"Dengan selesainya jalan tol, kawasan-kawasan industri di Jakarta dan Banten akan semakin terintegrasi sehingga distribusi logistik akan lebih mudah terutama yang melalui Pelabuhan Merak," tutur Presiden.

Tol Kunciran-Serpong terbagi atas dua paket pekerjaan, yaitu Paket 1 Kunciran-Parigi sepanjang 6,7 kilometer yang digarap oleh kontraktor PT Waskita Karya (Persero) Tbk.

Paket 2 Parigi-Serpong sepanjang 4,4 kilometer yang digarap PT Adhi Karya (Persero) Tbk dan PT Acset Indonusa Tbk (KSO).

Pembangunan Tol Kunciran-Serpong menelan dana sekitar Rp 2 triliun. Rinciannya, nilai kontrak Paket I Rp 1,4 triliun, sedangkan Paket II senilai Rp 600,3 miliar.

Adapun sumber pendanaannya diusahakan sendiri oleh PT Marga Trans Nusantara (MTN) sebagai pemegang konsesi.

Berikut videonya:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X