Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Home vs Amazon Echo, Mana Lebih Canggih?

Kompas.com - 03/12/2019, 12:53 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini, Google maupun Amazon sedang gencar dalam memasarkan produk berbasis teknologi rumah pintar atau smart-home technology.

Produk tersebut  berupa speaker yang diberi nama Google Home dan Amazon Echo. Sebenarnya apa itu Google Home dan Amazon Echo?

Google Home yang dirilis pada 2016 lalu merupakan speaker pintar yang mengedepankan sistem kemampuan suara untuk mendengarkan musik, arah lalu lintas yang benar, cuaca terkini yang terus diperbarui, dan resep makanan.

Produk speaker pintar ini dibanderol dengan harga mulai dari 25 dollar AS atau sekitar Rp 691.000.

Selain itu, Google Home juga memiliki fitur menarik lainnya. Jika Anda memiliki speaker Google Home tersebut dengan mengatakan "OK, Google", maka Google Home bisa menerima perintah.

Anda sendiri dapat berbicara dengan Google Home layaknya dengan sesama manusia.

Sama halnya dengan Google Home, Amazon Echo juga merupakan speaker pintar yang dapat mendeteksi suara dari jarak jauh sehingga memungkinkan sang pemilik rumah dapat dengan mudah menjalani rangkaian aktivitas.

Amazon yang meluncurkan speaker echo pada November 2014 lalu yang artinya lebih awal dari Google Home terus mendominasi speaker pintar untuk mengejar ketertinggalan.

Amazon Echo dibanderol dengan harga jauh lebih mahal, yakni 60 dollar AS atau sekitar Rp 847.000.

Tak hanya itu, Amazon Echo memiliki kecanggihan lain jika Anda berbelanja di situs e-commerce, bisa memberikan perintah pada Homebase dan secara otomatis dapat memudahkan pengguna untuk berbelanja online

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com