Sejumlah Ruas Tol Hutama Karya di Sumatera Masih Pembebasan Lahan

Kompas.com - 02/12/2019, 22:20 WIB
Konstruksi Jalan Tol Padang-Pekanbaru dimulai, Jumat (9/2/2018). Untuk tahap pertama pekerjaan dilakukan untuk Seksi 1 Padang-Sicincin sepanjang 28 kilometer. Kementerian PUPRKonstruksi Jalan Tol Padang-Pekanbaru dimulai, Jumat (9/2/2018). Untuk tahap pertama pekerjaan dilakukan untuk Seksi 1 Padang-Sicincin sepanjang 28 kilometer.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hutama Karya (Persero) saat ini tengah membangun Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).

Beberapa ruas di antaranya adalah Tol Pekanbaru-Dumai sepanjang 131 kilometer, Tol Padang-Pekanbaru sepanjang 255 kilometer, dan Tol Sigli-Banda Aceh sepanjang 74 kilometer.

Dari ruas-ruas tersebut, beberapa masih dalam tahap pembebasan lahan.

Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Muhammad Fauzan mengatakan, beberpa ruas tersebut seperti seksi 2, 3, dan 4 tol Pekanbaru-Dumai dan Tol Padang-Pekanbaru.

"Pembebasan lahan di seksi 4 sepanjang 13,5 kilometer ruas Indrapuri-Blangbintang sendiri hampir tuntas, sehingga konstruksinya ditargetkan selesai pada akhir tahun 2019,"ucap Fauzan dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (2/12/2019).

Selain itu, Hutama Karya juga tengah menyelesaikan pembebasan lahan serta konstruksi Tol Sigli-Banda Aceh. Jalan tol tersebut dibangun dengan panjang 74 kilometer

Hingga saat ini, Hutama Karya telah membangun 469,5 kilometer JTTS. Dari total tersebut, sepanjang 179 kilometer jalan telah beroperasi penuh, antara lain Tol Bakauheni-Terbanggi Besar sepanjang 140 kilometer, Tol Medan-Binjai sepanjag 13 kilometer, serta Tol Palembang-Indralaya sepanjang 22 kilometer.

Adapun Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung yang dibangun sepanjang 189 kilometer telah beroperasi gratis sebulan pasca diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi), November 2019.

 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X