Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ruang Kerja Kementerian ATR akan Dibuat Senyaman "Coworking Space"

Kompas.com - 27/11/2019, 16:04 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Guna menciptakan efektivitas dan efisiensi birokrasi, Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Surya Tjandra merencanakan transformasi menyeluruh di lingkungan kerja.

"Bentuk transformasi tersebut diterapkan pada dua sisi fisik, dan sumber daya manusia (SDM)," ujar Surya usai kunjungan kerja ke tiga kantor pertanahan di tiga kabupaten Soppeng, Pangkep, dan Maros, Sulawesi Selatan, Selasa (26/11/2019).

Dia menuturkan, dari sisi transformasi fisik diawali dengan perubahan desain ruang kerjanya yang dirancang senyaman mungkin dengan mengadopsi konsep coworking space

"Ruang kerja saya sebagai pilot project, nanti begitu jadi, akan diterapkan di seluruh kantor pertanahan dan kantor wilayah," sebut Surya.

Sebagaimana diketahui, coworking space  merupakan konsep ruang kerja bersama yang memungkinkan proses kolaborasi berlangsung secara efektif dan efisien, tanpa mengurangi unsur kenyamanan.

Baca juga: Surya Bentuk Special Vehicle Kejar 126 Juta Bidang Tanah Terdaftar

Coworking space menekankan pada keterbukaan dalam format 360 degrees. Tak ada sekat dalam interior ruangan, semua bisa melihat sesama karyawan, pekerja, atasan, dan bawahan secara jelas.

"Kalau pun masih diperluka ruang pertemuan untuk agenda khusus, akan dibuat juga secara khusus tanpa mengurangi makna transparansi. Kami ingin bekerja profesional, akuntabel, dan transparan. Semua orang bisa mengawasi," imbuh Surya.

Perubahan fisik ruang kerja ini, bukan tanpa alasan. Menurut Surya, hal ini sudah direkomendasikan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB). 

Selain itu, outcome yang dihasilkan pun akan meningkatkan produktivitas kerja, seperti komunikasi dan koordinasi antar-bagian tak lagi mengalami hambatan.

Dalam menerapkan transformasi ruang kerja ini, Surya mengadopsi kantor Nutrifood dan juga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

"Desainer yang mengerjakan kantor mereka, sudah setuju dan sepakat mau membantu merancang kantor kami," kata Surya.

Baca juga: Hari Ini, Masyarakat Sulsel Terima 9.939 Sertipikat Tanah

Targetnya, transformasi ruang kantor ini selesai akhir 2019, dan efektif dapat digunakan mulai Januari 2020 secara bertahap.

Sementara transformasi di bidang SDM, akan dilakukan dengan cara mengintensifkan komunikasi, kolaborasi, dan koordinasi. 

Para ASN di Kementerian ATR/BPN, menurut Surya adalah aset yang berharga dengan inteligensi tinggi. 

"Mereka pintar dan cerdas, terutama generasi milenialnya. Namun, mereka tidak berani melakukan terobosan karena masih ada perasaaan takut, malu, dan segan. Kultur ini harus diubah, mereka harus berani speak up, dan juga yang penting eksekusi," cetus Surya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com