Bandara Stansted, Romansa 1960-an Berteknologi Tinggi

Kompas.com - 26/11/2019, 07:00 WIB
Rupa Bandara Stansted yang Terbuat dari Pohon
dezeen.comRupa Bandara Stansted yang Terbuat dari Pohon

JAKARTA, KOMPAS.com - Tiga puluh enam pohon struktural menjadi penopang atap Bandara Stansted yang dirancang oleh Foster + Partners, merupakan proyek terbaru dalam seri arsitektur berteknologi tinggi.

Di Bandara Stansted London, Foster + Partners, merancang tata letak bandara secara terbalik dengan menempatkan semua layanan lingkungan yang berat ke bawah tanah.

Di bawah atap, yang didukung oleh "pohon-pohon struktural" terdapat ruang pertemuan utama bandara yang memiliki kapasitas besar, fleksibel, dan pencahayaan alami.

Foster + Partners menempatkan area layanan termasuk bagasi dan dan stasiun kereta api berada di lantai paling bawah.

Sementara layanan penumpang, seperti keamanan, dan keberangkatan, diatur di bagian atas, sebuah fitur yang mengingatkan kembali pada desain terminal sederhana dari sebelumnya.

Baca juga: Cardig Optimistis Menangi Tender Pengelolaan Bandara Komodo

" Bangunan ini pada awalnya didesain sangat sederhana, di satu sisi ada jalan dan di sisi lain lapangan tempat pesawat mendarat," kata Foster + Partners.

Hamparan kaca besar membungkus terminal bandara untuk memungkinkan penumpang melihat pesawat lepas landas saat mereka bergerak melalui gedung.

Penumpang kemudian diangkut dari terminal utama ke satelit jarak jauh yang ramping.

"Rute dari sisi darat ke sisi udara melibatkan pejalan kaki dari mobil Anda melalui terminal dan keluar ke pesawat Anda, yang selalu terlihat," perusahaan itu menjelaskan.

"Stansted berusaha menangkap kembali kejelasan lapangan terbang awal itu, bersama-sama dengan beberapa romansa perjalanan udara yang hilang."

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X