Wuhan Greenland Terancam Mangkrak, Tanda China Hadapi Resesi?

Kompas.com - 23/11/2019, 17:37 WIB
Proyek Wuhan Greenland Center Terancam Dihentikan ft.comProyek Wuhan Greenland Center Terancam Dihentikan

Proyek Wuhan Greenland Center Terancam Dihentikanforeignpolicy.com Proyek Wuhan Greenland Center Terancam Dihentikan

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah sinyal khas negara sedang mengalami resesi ekonomi adalah mangkraknya pembangunan pencakar langit supertinggi yang menelan banyak dana.

Apakah China sedang menghadapi resesi?

Faktanya, raksasa konstruksi Negeri Tirai Bambu ini, China Construction Third Engineering Bureau Co, telah melepas proyek pencakar langit tertinggi di negara itu setelah pengembangnya, Greenland Group, gagal melakukan pembayaran.

Kegagalan tersebut menjadi sorotan yang saat ini dihadapi oleh perusahaan-perusahaan konstruksi China ketika ekonomi melambat.

Mereka harus memangkas pendanaan sehingga membuat ledakan pembangunan pencakar langit yang sudah tak terkendali kini mengalami tekanan.

Dalam surat 30 Oktober yang diperlihatkan oleh Financial Times (FT), China Construction Third Engineering Bureau Co mengatakan akan menghentikan pembangunan Wuhan Greenland Center setinggi 475 meter tersebut.

Baca juga: LRT Jakarta Dituding Proyek Gagal, Apa Kata Pelaksana Proyek?

" Gedung pencakar langit super tinggi yang belum selesai ini menghabiskan banyak dana. Ini salah satu tanda khas resesi ekonomi," kata Yan Yuejin, seorang analis di Lembaga Penelitian dan Pengembangan China E-house yang berbasis di Shanghai.

China melaporkan pertumbuhan ekonomi dari tahun ke tahun 6 persen pada kuartal ketiga, laju paling lambat dalam 30 tahun.

Pengembang properti lainnya yang kekurangan uang juga telah berjuang untuk mempertahankan proyek-proyek gedung tinggi mereka.

Penelitian FT mengungkapkan bahwa pembangunan lebih dari selusin gedung pencakar langit yang sangat tinggi didefinisikan sebagai bangunan lebih tinggi dari 300 meter telah ditunda pembangunannya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X