Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Libatkan Jepang dalam Pembangunan Infrastruktur

Kompas.com - 22/11/2019, 15:35 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam rangka mempererat hubungan Pemerintah Indonesia dengan Pemerintahan Jepang, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menerima kunjungan Perdana Menteri Jepang periode 2007-2008, sekaligus Ketua Asosiasi Jepang – Indonesia, Yasuo Fukuda di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta, Kamis (21/11/2019). 

Basuki Hadimuljono mengatakan, pertemuan tersebut membahas langkah-langkah kerja sama di bidang investasi pada beberapa pembangunan infrastruktur di Indonesia.

“Ada beberapa hal yang dibahas, seperti proyek peningkatan kereta cepat koridor Jakarta–Surabaya. Kementerian PUPR sendiri bertanggung jawab dalam pembuatan flyover-nya,” terang Basuki.

Baca juga: Jadi World Class Operator Setara Jepang, Ini Strategi MRT Jakarta

Pada kesempatan tersebut, Pemerintah Jepang juga menawarkan alat-alat laboratorium untuk Politeknik PU di Semarang yang bertujuanmembantu memecahkan persoalan banjir di Jakarta karena sebelumnya mereka telah berpengalaman dalam menangani banjir di Jepang.

Pemerintah Jepang juga diharapkan dapat mendukung investasi jalan tol akses di Cikopo-Palimanan (Cipali) ke Pelabuhan Patimban di Kabupaten Subang, Jawa Barat. Biaya investasi tol sepanjang 40 kilometer tersebut diperkirakan mencapai Rp 5,35 triliun.

Yasuo Fukuda mengatakan selama ini telah bekerja sama dengan Indonesia yang dianggapnya merupakan negara yang dapat menjaga pertumbuhan stabilitas di tengah kondisi global yang lesu.

“Menurut saya, selain kerjasama investasi di bidang infrastruktur juga ada hal yang penting, yakni kerjasama di bidang sumber daya manusia, misalnya program kuliah ke Negara Jepang atau training di perusahaan Jepang dalam rangka pengembangan kapasitas para insinyur Indonesia,” tutup Fukuda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com