Pasang "Skylight" di Rumah, Perlu atau Tidak?

Kompas.com - 16/11/2019, 16:46 WIB
Skylight ShutterstockSkylight

KOMPAS.com - Ketika berbicara pencahayaan, ada dua sumber cahaya utama yang menerangi tempat tinggal Anda.

Pertama adalah sumber cahaya artifisial yakni berbagai jenis lampu dan yang kedua adalah sumber cahaya alami yang berasal dari sinar matahari. Cahaya matahari masuk melalui jendela-jendela yang dipasang di rumah.

Preferensi penerangan pemilik rumah pun berbeda-beda. Ada pemilik rumah yang lebih suka menggunakan lampu sebagai sumber penerangan utama di rumah.

Sebaliknya, ada juga pemilik rumah yang meminimalisasi penggunaan lampu, khususnya pada siang hari dengan membiarkan cahaya alami masuk dan menerangi rumah.

Untuk Anda yang menyukai penerangan alami, bisa mempertimbangkan opsi memasang skylight atau rooflight di rumah.

Skylight adalah jendela berukuran besar yang dipasang di bagian tertentu pada atap rumah.

Pemasangan skylight memungkinkan lebih banyak cahaya matahari yang masuk ke rumah dengan sorotan yang lebih maksimal karena posisinya berada di bagian atas rumah.

Penggunaan skylight di rumah pada umumnya didasari oleh keinginan pemilik rumah untuk mendapatkan cahaya alami yang lebih maksimal dan juga untuk alasan estetika.

Meskipun demikian, ada juga beberapa hal yang perlu diperhatikan berkaitan dengan keselamatan dan keamanan rumah dan penghuninya.

Simak di bawah ini kelebihan dan kekurangan memasang skylight di rumah:

1. Banjir Cahaya Alami yang Lebih Dramatis

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X