Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi: Membangun Infrastruktur untuk Membangun Peradaban

Kompas.com - 14/11/2019, 15:51 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali menekankan pentingnya membangun infrastruktur. Dengan terbangunnya infrastruktur, akan terbangun pula sebuah peradaban.

"Kemudian, paling penting membangun infrastruktur untuk membangun sebuah peradaban, budaya antre, disiplin masuk secara berurutan," ujar Jokowi saat menghadiri Forum A1, di Restoran Seribu Rasa, Menteng, Kamis (14/11/2019).

Indonesia saat ini masih di peringkat 71 dunia dari 140 negara dengan skor 66,8 di bidang infrastruktur menurut Laporan The Global Competitiveness Report 2018.

Baca juga: Jumat Besok, Jokowi Resmikan Tol Terbanggi Besar-Kayu Agung

Sementara di tingkat ASEAN, Indonesia menempati posisi ke-5, tepat di bawah Thailand dan di atas Vietnam.

Skor daya saing infrastruktur Indonesia 28,88 poin, jauh di bawah Singapura yang selama ini diketahui sebagai negara dengan daya saing tertinggi di tingkat Asia Tenggara maupun global.

Untuk itu, kata Jokowi, pembangunan infrastruktur harus dilanjutkan untuk meningkatkan daya saing dan juga konektivitas.

Hal ini disambut Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dengan program pembangunan jalan tol sepanjang 2.500 kilometer dalam lima tahun ke depan.

"Kita masih tertinggal dengan Malaysia dan Thailand. Kita hanya ingin mengejar negara-negara di sekitar itu saja," kata Basuki.

Dalam mewujudkan ambisi tersebut, Jokowi berpesan agar pembangunan infrastruktur dapat diselesaikan secepatnya sehingga indeks daya saing Indonesia semakin baik.

Tak hanya itu, kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) juga harus ditingkatkan sehingga Indonesia dapat menjadi negara yang lebih baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com