Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Live Streaming", Catatan Menarik Pesta Belanja Alibaba 11.11

Kompas.com - 14/11/2019, 14:42 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

HANGZHOU, KOMPAS.com - Ada sejumlah catatan menarik yang terjadi pada penyelenggaraan pesta belanja Global Shopping Festival 11.11 tahun ini.

Selain rekor baru transaksi berbasis gross merchandise volume (GMV) senilai Rp 538,5 triliun dalam sehari, juga aktivitas live streaming.

Dalam tinjauan Kompas.com, aktivitas pesta belanja via live streaming  di enam ruangan Alibaba Xixi Campus Area, Hangzhou, tak kalah menarik.

Sejumlah pembawa acara mengerahkan kemampuan mereka menjual produk-produk yang ditawarkan seatraktif mungkin. Sambil berkelakar, juga menampilkan gesture jenaka.

Live streaming merupakan salah satu perangkat online paling transformatif dan efektif yang digunakan oleh para peritel dan brand di Alibaba untuk berinteraksi langsung dengan para pelanggan secara langsung tanpa antara.

Menurut firma konsultan Deloitte, pasar live streaming China merupakan terbesar di dunia, menghasilkan penjualan senilai 4,4 miliar dollar AS atau ekuivalen Rp 62 triliun tahun 2018.

Pada tahun tersebut pula, dilaporkan terdapat lebih dari 456 juta orang yang menyaksikan program live streaming.

Lazada, platform market place yang terafiliasi dengan Alibaba Group membuka ruangan live streaming di Alibaba Xixi Campus, Hangzhou, selama 11.11 Global Shopping Festival 2019.Hilda B Alexander/Kompas.com Lazada, platform market place yang terafiliasi dengan Alibaba Group membuka ruangan live streaming di Alibaba Xixi Campus, Hangzhou, selama 11.11 Global Shopping Festival 2019.
Nah, terkait Global Shopping Festival 11.11 lalu, dari informasi yang dihimpun Kompas.com, sebanyak 50 persen brand  yang berpartisipasi mencapai pertumbuhan signifikan melalui live streaming.

Penjualan GMV melalui live streaming berkontribusi sebesar 20 miliar Renminbi atau Rp 40,1 triliun dari total transaksi.

Lebih dari 10 studio live streaming mencapai GMV lebih dari 1 miliar Renminbi (Rp 2 triliun). Adapun penjualan perlengkapan rumah tangga dan dekorasi rumah meroket 400 persen dibanding tahun 2018 lalu.

Untuk diketahui, pada penyelenggaraan 11.11 tahun 2019, Alibaba menyiapkan enam ruangan live streaming di kampus Alibaba Xixi agar para pengunjung dapat menyaksikan langsung kekuatan program tersebut.

Enam brand yang memanfaatkan "sihir" live streaming  adalah Lazada, Taobao, Tmall Global, Fliggy, AliExpress, dan Kaola.

Kendati tidak bersedia mengungkapkan angka penjualan, Perwakilan Lazada Thailand Emily Liu mengakui saluran live streaming sangat efektif meningkatkan penjualan.

"Namun, itu juga sangat tergantung pada pembawa acara dan produk yang ditawarkan," imbuh Emily.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com