Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

REI House, Rumah yang Mengakomodasi Perubahan

Kompas.com - 08/11/2019, 15:26 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Di sebuah kota kecil bernama Raquena di timur Spanyol, arsitek CRUX telah merancang rumah yang didasarkan pada perubahan untuk kebutuhan keluarga.

Proyek ini dimulai dengan mempertanyakan gagasan tentang hunian dan mempertimbangkan bagaimana ruang berubah sepanjang hari dan dari waktu ke waktu.

Rumah yang dibangun ini diberi judul "REI House" yang bertujuan untuk memenuhi berbagai tuntutan dengan menciptakan ruang interior yang fleksibel serta interaktif.

Baca juga: 5 Cara Ringkas Menyulap Dapur Sempit Jadi Luas

Dalam rujukan buku milik Stewart, tentang 'bagaimana sebuah bangunan dipelajari', dia membahas lapisan waktu dan mengidentifikasi struktur sebagai lapisan paling tahan lama.

Arsitek CRUX memutuskan untuk mengatur rumah REI mengikuti sistem yang fleksibel.

Mengadopsi konsep 'rencana basilika', yang terdiri dari bagian-bagian yang terhubung dari berbagai fungsi, kediaman ini dirancang di sekitar ruang-ruang yang dapat disesuaikan dengan memberikan kegunaan yang berbeda. Dengan kata lain, skema 'elastis' dapat berubah dari waktu ke waktu.

Tata letak terdiri dari tiga bagian. Bagian pusat memiliki fungsi utama untuk makan, berbincang, beristirahat, dan bermain.

Pada bagian tabung berbentuk ramping ini memisahkan area pusat untuk rawat jalan, sedangkan lorong samping berbentuk 'sakristi'.

CRUX Arsitek desain REI House di Spanyol designboom.com CRUX Arsitek desain REI House di Spanyol

Konfigurasi spasial ini melampaui rumah-rumah perumahan tradisional karena memungkinkan penghuni untuk mengubah dan menyesuaikan tempat dengan penggunaan yang tidak terduga.

Baca juga: 3 Trik Membuat Ruang Tamu Jadi Lebih Mewah

Pada dasarnya, proyek ini mengeksplorasi arsitektur yang memungkinkan perubahan, yang mencoba untuk tidak membatasi kehidupan atau membekukannya dalam satu pengambilan gambar atau posisi.

Selalu dalam konstruksi, akomodasi, terus berubah. Sebuah interaksi dan stimulasi.

Seperti apa yang dikatakan oleh Aldo van Eyck, "apa pun arti ruang dan waktu, tempat dan kejadian lebih berarti."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com