Tiga Tahun, REI NTT Telah Membangun 10.000 Rumah

Kompas.com - 05/11/2019, 13:27 WIB
Perumahan di Kupang, Nusa Tenggara Timur DPD REI NTTPerumahan di Kupang, Nusa Tenggara Timur

KUPANG, KOMPAS.com - Dalam rentang waktu tiga tahun terakhir ini, Real Estate Indonesia (REI) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), telah membangun 10.000 rumah, baik subsidi maupun non-subsidi.

Ketua DPD REI NTT Bobby Pitoby menyampaikan pencapaian periode kerjanya kepada sejumlah wartawan di Kupang, Selasa (5/11/2019).

Bobby mengatakan, informasi pembangunan ribuan rumah di provinsi berbasis kepulauan itu, akan disampaikannya dalam Musyawarah Daerah (Musda) VII di Kupang, 7 November 2019 mendatang.

"Dalam musda dengan agenda memilih pengurus REI NTT periode 2019-2022, saya akan sampaikan terkait pembangunan 10.000 lebih rumah di NTT dalam tiga tahun terakhir," ujarnya.

Baca juga: Gelar Expo 2019, REI NTT Targetkan 3.500 Rumah Terbangun

Puluhan ribu unit rumah yang sudah terbangun itu, tersebar di berbagai kabupaten/kota di NTT. Konsentrasi terbanyak berada di Kota Kupang dan Kabupaten Kupang.

Perumahan di Kupang, Nusa Tenggara TimurDPD REI NTT Perumahan di Kupang, Nusa Tenggara Timur
Meski dalam masa kepemimpinannya telah membangun 10.000 rumah, Bobby mengaku, angka itu masih sangat minum, sehingga perlu dilanjutkan oleh pengurus REI NTT periode 2019-2022.

Menurutnya, paling tidak perumahan baru subsidi dan non-subsidi yang akan dibangun nanti harus mencapai 15.000 unit.

Gandeng kontraktor

Dalam merealisasikan pembangunan rumah, lanjut dia, REI NTT selalu menggandeng kontraktor lokal.

Hal ini demi lancarnya pencapaian target, terciptanya peluang pasar, dan guna memenuhi harapan para kontraktor yang menggantungkan operasionalnya tak hanya dari proyek pemerintah, juga perumahan.

Baca juga: Bertemu Wali Kota Kupang, REI NTT Bahas Penghapusan BPHTB

Terlebih jika target pembangunan rumah ditingkatkan menjadi 15.000 unit, sudah seharusnya kontraktor bergabung menjadi anggota REI NTT.

Hingga saat ini, jumlah anggota REI NTT sudah mencapai 76 perusahaan. Melonjak drastis, dari tahun 2016 yang hanya 18 perusahaan.

Perumahan di Kupang, Nusa Tenggara TimurDPD REI NTT Perumahan di Kupang, Nusa Tenggara Timur
"Awal-awal itu hanya 18 developer (anggota) dan sekarang ini sudah sampai 76 developer. REI juga baru masuk empat kabupaten dan sekarang sudah 18," katanya.

Oleh karena itu, Bobby mengajak para kontraktor masuk dalam keanggotaan REI NTT. Dengan demikian, ketergantungan pada pemerintah melalui dana APBD/APBN akan berkurang.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X