Jumat Ini, Tol Pandaan-Malang Seksi 4 Dibuka Gratis

Kompas.com - 01/11/2019, 06:00 WIB
Gerbang Tol Pakis di Jalan Tol Pandaan-Malang Dokumentasi Jasa MargaGerbang Tol Pakis di Jalan Tol Pandaan-Malang

JAKARTA, KOMPAS.com - Hari ini, Jumat, 1 November 2019, pukul 06.00 WIB,  Jalan Tol Pandaan Malang Seksi 4 (Singosari-Pakis) yang dikelola oleh PT Jasamarga Pandaan Malang (JPM) mulai dibuka untuk umum.

Pembukaan ini merupakan tindak lanjut dari diterbitkannya Sertifikat Laik Operasi (SLO) Nomor PB 0201-Db/986 dari Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

"Operasionalisasi Seksi 4 ini berdasarkan Keputusan Menteri PUPR Nomor 1026/KPTS/M/2019, tentang Penetapan Pengoperasian Jalan Tol Pandaan Malang Seksi 4 (Singosari-Pakis)," kata Direktur Utama PT Jasamarga Pandaan Malang Agus Purnomo dalam keterangan tertulis, Kamis (31/10/2019).

Baca juga: Tak Perlu Tunggu Peresmian, Tol Pandaan-Malang Bisa Langsung Digunakan

Untuk sementara, ruas tol sepanjang 4,75 kilometer tersebut dioperasikan tanpa tarif (Rp 0,-) dalam rangka memberikan sosialisasi yang lebih optimal kepada masyarakat.

Tarif tol akan mulai diberlakukan pada Kamis, 7 November 2019 pukul 00.00 WIB dengan besaran sesuai dengan Keputusan Menteri PUPR Nomor 1027/KPTS/M/2019 tentang Penetapan Golongan Jenis Kendaraan Bermotor dan Besaran Tarif Tol Pada Jalan Tol Pandaan Malang.

Bagi pengguna jalan dari Wilayah Pandaan yang keluar di Gerbang Tol (GT) Pakis, tetap membayar tarif tol asal gerbang hingga GT Singosari.

Hal ini juga berlaku untuk arah sebaliknya, kendaraan yang masuk dari GT Pakis keluar di Gerbang Tol wilayah Pandaan hanya membayar tarif tol dari GT Singosari.

Pengguna Jalan Asal dan Tujuan GT Pakis, saat ini dikenakan tarif sama dengan Asal dan Tujuan GT Singosari.

Pembangunan Jalan Tol Pandaan-Malang Seksi 4 Singosari-Pakis ini telah selesai pada 24 Juli 2019 sesuai Berita Acara Serah Terima Sementara (PHO) Pekerjaan Pembangunan Jalan Tol Pandaan Malang Seksi 4 dan Underpass Singosari PT Jasamarga Pandaan Malang nomor 06/BA/JPM/DIR/VII/2019 dan telah digunakan sebagai jalan fungsional untuk membantu kelancaran arus mudik dan balik selama libur Lebaran tahun 2019.

Dengan dibukanya seksi 4, panjang Jalan Tol Pandaan-Malang yang beroperasi 35,375 kilometer dari total 38,488 kilometer.

Sedangkan, untuk seksi 5 (Pakis-Malang) sepanjang 3,113 kilometer masih dalam tahap konstruksi.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X