Pakuwon Cetak Kenaikan Laba Komprehensif 25 Persen

Kompas.com - 30/10/2019, 17:21 WIB
Superblok Tunjungan Plaza, Surabaya. Dokumentasi Pakuwon JatiSuperblok Tunjungan Plaza, Surabaya.

JAKARTA, KOMPAS.com -  PT Pakuwon Jati Tbk (PWON) membukukan peningkatan laba komprehensif tercatat sebesar 25 persen pada Triwulan III-2019 menjadi Rp 2,5 triliun, dari sebelumnya senilai Rp 2,002 triliun pada tahun 2018 lalu.

Laba ini diperoleh dari hasil pendapatan bersih senilai Rp 5,24 triliun, stabil dari tahun sebelumnya sebesar Rp 5,23 triliun.

Direktur Keuangan dan Sekretaris Perusahaan Pakuwon Jati Minarto Basuki mengatakan, komposisi pendapatan tahun 2019 terdiri dari 25 persen recurring revenue dan 48 persen development revenue.

"Hal ini konsisten dengan strategi Perseroan untuk tumbuh dengan komposisi pendapatan yang berimbang antara recurring dan development revenue," ujar Minarto dalam keterangan tertulis kepada Kompas.com, Rabu (30/10/2019).

Baca juga: Semester I-2019, Pendapatan Pakuwon Tumbuh 4 Persen

Recurring revenue Perseroan tahun 2019 mencapai Rp 2,73 triliun, tubuh 6,5 persen dibandingkan tahun 2018 sejumlah Rp 2,56 triliun yang ditunjang antara lain kenaikan pendapatan organik dari pusat-pusat perbelanjaan ritel dan hotel-hotel eksisting Perseroan.

Sedangkan development revenue Perseroan tahun 2019 mencapai Rp 2,51 triliun, ditopang oleh penjualan apartemen Benson dan La Viz. Tahun lalu, penjualan mencapai Rp 2,66 triliun.

Berdasarkan revenue per segment, kontribusi terbesar didapatkan dari penjualan apartemen dan penyewaan pusat belanja masing-masing 40 persen, hotel dan apartemen servis 8 persen, rumah tapak 6 persen, perkantoran sewa 4 persen, dan penjualan perkantoran strata 2 persen.

Adapun pengeluaran belanja modal triwulan III 2019 yang telah dikucurkan oleh Perseroan mencapai Rp 1,28 triliun yang digunakan untuk membiayai proyek-proyek konstruksi Kota Kasablanka Phase 2, Tunjungan Plaza 6, Pakuwon Mall phase 3,4 dan 5, East Coast Mansion serta pembelian tanah.

Basis Pertumbuhan 2019

Recurring revenue Perseroan, dari pusat perbelanjaan ritel dan hotel masih akan memberikan tambahan pendapatan organik tahun 2019.

Dengan selesainya renovasi Blok M Plaza tahun 2019 dan dengan beroperasinya FourPoints Hotel di Pakuwon Mall pada kuartal IV tahun ini, akan memperbesar recurring revenue mulai tahun 2019 dan tahun-tahun berikutnya.

Sedangkan Pakuwon Mall Phase 4, Westin Hotel di Pakuwon Mall dan East Coast Mall Phase 2 akan beroperasi pada tahun 2020.

Development revenue Perseroan juga akan terus tumbuh dengan pengakuan pendapatan atas penjualan apartemen di Superblok Pakuwon Mall (Anderson, Benson dan La Viz) dan apartemen di EastCoast Mansion yaitu Amor serta pengakuan penjualan kondominium Angelo, Bella dan Chianti di Superblok Kota Kasablanka.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X