BrandzView
Konten ini merupakan kerjasama Kompas.com dengan Citra Raya

Ingin Berbisnis dengan Memiliki Ruko? Pahami Dulu Langkah-langkahnya…

Kompas.com - 30/10/2019, 16:00 WIB
Ilustrasi ruko Dok. CitraRayaIlustrasi ruko

KOMPAS.com – Menjadi entrepreneur atau pebisnis sukses merupakan dambaan sejumlah orang. Ada yang ingin menjalankan bisnis kuliner, salon kecantikan, minimarket, pusat bimbingan belajar, atau bahkan bisnis properti.

Menjadi pebisnis memang banyak keuntungannya, tapi juga harus memperhatikan beberapa faktor penting sebelum memulainya. Bisa dibilang, terjun ke dunia bisnis harus pandai melihat peluang dan potensi pasar.

Pasalnya, selain harus bersaing dengan banyak kompetitor bisnis, Anda juga harus menentukan strategi khusus agar bisnis berjalan lancar dan sukses.

Melansir Kontan.co.id, Senin (24/7/2017), untuk memulai bisnis Anda membutuhkan tempat atau lokasi strategis guna mendukung mobilitas konsumen yang datang. Salah satu tempat yang bisa Anda pilih adalah bangunan rumah toko atau kerap disebut ruko.

Nah, sebelum memilih ruko mana yang hendak Anda tempati. Simak tips-tips yang Kompas.com rangkum berikut ini.

1. Harga harus masuk akal

Memang, memilih ruko untuk tempat berbisnis banyak tantangannya, terutama jika menyangkut harga beli. Untuk mengatasi permasalahan ini, ada baiknya Anda mengetahui kebutuhan bisnis Anda.

Dengan mengetahui secara seksama kebutuhan bisnis yang akan dijalani, Anda bisa menentukan berapa biaya atau budget untuk membeli sebuah ruko.

Harga sebuah ruko sepatutnya harus masuk akal, karena makin mahal harga belinya semakin tinggi juga risikonya.

Hal ini berkaitan dengan kelayakan bisnis yang akan dijalani, pun berhubungan dengan potensi kenaikan dari harga ruko yang dibeli (capital gain) dan nilai sewa ruko bila ingin disewakan ke orang lain (yield).

Selain itu, Anda juga harus merencanakan apakah ruko yang hendak dibeli khusus untuk berbisnis saja atau digunakan pula sebagai tempat tinggal. Ini akan bisa memberikan petunjuk kepada Anda apakah membutuhkan ruko dua tingkat atau tiga tingkat.

2. Perhatikan reputasi pengembangnya

Siapa pengembang atau developer dibalik bangunan ruko juga mesti Anda perhatikan secara seksama. Jangan sampai Anda tergiur dengan penawaran manis di awal, tapi pada kenyataannya pengembang tidak menepati perjanjian.

Untuk itu, ada baiknya Anda mencari terlebih dahulu latar belakang si pengembang, mulai dari track record-nya, siapa pemilik dibalik developer itu, dan seberapa luas area yang sedang dikembangkan.

Pasalnya, membuka bisnis di kawasan kota (township) lebih menguntungkan karena memiliki kelengkapan seperti infrastruktur, fasilitas, dan populasi penduduk yang lebih besar sebagai captive market dari bisnis yang akan dijalani.

Perlu diketahui, menjalankan bisnis di ruko yang dikembangkan dan dikelola kawasannya oleh developer dengan baik akan pula lebih menguntungkan.

Dengan adanya keseriusan dari pengembangan kawasan oleh developer, tentu pertumbuhan infrastruktur, fasilitas, dan populasi penghuninya bisa lebih jelas.

3. Lokasi yang strategis

Lokasi yang tepat serta strategis adalah kunci utama agar bisnis Anda berjalan lancar sesuai harapan. Untuk itu, selain berdasarkan harga dan pengembangnya, akan lebih baik jika Anda mengombinasikan semuanya dengan lokasi yang strategis.

Salah satu hal yang harus diamati adalah akses jalan menuju ruko. Ruko yang Anda beli harus mudah diakses sehingga pelanggan akan mudah menjangkau dan menghampiri tempat Anda dengan nyaman.

Sementara itu, akses parkir juga bisa menjadi pertimbangan selanjutnya. Ruko yang strategis akan sukar diminati apabila akses parkirnya sempit. Pilih paling tidak ruko yang memiliki tempat parkir untuk roda dua maupun roda empat.

Kemudian, pilihlah ruko yang menghadap boulevard atau jalan utama.

 

Ilustrasi rukoDok. CitraRaya Ilustrasi ruko
Bila Anda sedang menargetkan berinvestasi di ruko dan berencana untuk membuka usaha di area yang sudah ramai serta hidup di wilayah Tangerang, Ruko The Avenue Business Street di CitraRaya yang dikembangkan oleh Ciputra Group bisa jadi pilihan utama Anda saat ini.

Sebagai informasi, CitraRaya Tangerang mulai membangun kawasan hunian, area komersial, serta fasilitas pendukungnya sejak 1994.

Kini, CitraRaya Tangerang telah menjadi rumah bagi lebih dari 65.000 jiwa dan lokasinya dikelilingi oleh lebih dari 500 perusahaan dan 500.000 penduduk.

Fasilitas pendukung yang dibangun meliputi sarana pendidikan, kesehatan, transportasi, olahraga, belanja, hiburan keluarga, hingga fasilitas terbaru, seperti Mal Ciputra.

Mal Ciputra sendiri saat ini sudah masuh tahap topping off dan akan segera dibuka untuk umum pada semester pertama 2020.

Perlu diketahui, Ruko The Avenue Business Street dipasarkan dengan harga mulai Rp 1 miliar-an dan semua unit menghadap boulevard utama. Ruko ini pun berada tepat di gerbang CitraRaya Tangerang, sebuah kota terpadu seluas 2.760 hektar (ha).

Peluncuran produk terbaru ini akan dirilis secara resmi pada 30 November 2019. Untuk informasi lengkap mengenai Ruko The Avenue Business Street silakan berkunjung ke laman ini.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya