Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

November, Lelang Instalasi Pengolahan Air Limbah Zona 1

Kompas.com - 29/10/2019, 13:03 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Lelang proyek instalasi pengolahan air limbah (IPAL) domestik dan jaringan perpipaan DKI Jakarta atau Jakarta Sewerage Development Project (JSDP) Zona 1 dimulai November 2019.

Dengan demikian, pembangunan proyek ini dapat mulai dilaksanakan pada tahun 2020. 

"Kita akan lelang dini untuk kegiatan pelaksanaan 2020. Kemungkinan November-Desember kita akan lelang," kata Sekretaris Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR T Iskandar di kantornya, Selasa (29/10/2019).

IPAL Zona 1 akan dibangun dengan anggaran sekitar Rp 8 triliun dan terbagi ke dalam enam paket pekerjaan.

Baca juga: Mei 2019, Perjanjian Pinjaman Jakarta Sewerage System Diteken

Empat paket pertama senilai Rp 5,6 triliun dikerjakan Kementerian PUPR dengan anggaran yang bersumber melalui pinjaman dari Pemerintah Jepang lewat Japan International Cooperation Agency (JICA).

Sementara, dua paket berikutnya senilai Rp 2,4 triliun digarap Pemerintah Provinsi DKI dengan anggaran yang bersumber dari anggaran pendapatan belanja daerah (APBD).

Sejak Juli 2019 lalu, JICA telah menyelesaikan penyusunan Detail Engineering Design (DED).

Nantinya, IPAL ini akan dibangun di atas lahan seluas 3,9 hektar dengan kapasitas sebesar 240.000 meter kubik per hari untuk melayani 220.000 Sambungan Rumah (SR) atau 989.389 jiwa. 

Cakupan layanannya meliputi 41 kelurahan yang tersebar di 8 Kecamatan yakni Kecamatan Menteng, Tanah Abang, Gambir, Sawah Besar, Taman Sari, Tambora, Pademangan, dan Penjaringan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com