Danai Proyek Geothermal, SMI Pinjam Rp 2,76 Triliun ke Bank Dunia

Kompas.com - 28/10/2019, 19:00 WIB
Dirut PT SMI Edwin Syahruzad PT SMIDirut PT SMI Edwin Syahruzad

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) Edwin Syahruzad menyatakan, perseroan tengah melakukan finalisasi dokumen yang diperlukan untuk mengajukan pinjaman kepada Bank Dunia sebesar 197,5 juta dollar AS atau ekuivalen Rp 2,76 triliun. 

Dana tersebut akan digunakan untuk membantu proyek eksplorasi panas bumi atau geothermal dalam rangka meminimalisasi risiko yang ditanggung oleh kontraktor atau badan usaha yang melakukan kegiatan eksplorasi.

"Kami siapkan programnya, karena itu mencakup aktivitas yang cukup berisiko, yaitu drilling. Oleh karena itu, programnya kita siapkan dulu secara matang," kata Edwin di Jakarta, Senin (28/10/2019). 

Baca juga: Ini Sejumlah Proyek Ibu Kota Baru yang Diincar SMI

Selain dokumen, ia menambahkan, ada dua hal yang kini tengah tengah disapkan secara matang. Pertama, soal skema mengurangi resiko, agar dalam pelaksanaannya mengurangi dampak kegagalan. 

"Kedua, tentunya ekosistem atau hal-hal yang bisa memperbaiki lingkungan investasi. Seandainya reserve ada, tapi harga beli listrik belum memberi insentif, itu mengganggu kesinambungan. jadi skema financing dan lingkungan investasi," papar Edwin.

Nantinya, dana tersebut dapat disalurkan baik itu kepada badan usaha milik negara atau pun swasta yang memenangkan tender eksplorasi panas bumi.

"Target kami, kalau tahun depan bisa bergulir, paling cepat, bagus," sebut dia.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X