Buka Pabrik di Bitung, Senindo Produksi Pipa Berkualitas Internasional

Kompas.com - 28/10/2019, 07:00 WIB
CPVC Pipe Master Senindo Kaya AbadiCPVC Pipe Master

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Senindo Kaya Abadi tengah membangun pabrik di Bitung, Tangerang, yang akan dibuka pada tahun 2020 mendatang, dengan memproduksi pipa merek Pipe Master®.

Di pabrik ini, Senindo menyediakan pipa berkualitas tinggi yang mencakup Pipe Master flowguard® untuk pipa air panas dan dingin, Pipe Master blazemaster® untuk sprinkler dan hidran api, dan Pipe Master Corzan® untuk industri.

Seluruh produk tersebut mengandung bahan baku 100 persen impor dari Amerika Serikat (AS).

Senindo merupakan perusahaan terintegrasi yang menyediakan dan memproduksi pipa berkualitas dengan standar yang diakui secara nasional Standar Nasional Indonesia (SNI), maupun internasional.

Standar internasional itu, antara lain ISO (International Organization for Standardization), ASME (American Society of Mechanical Engineers), dan lembaga independen NSF (Nastional Sanitation Foundation).

Direktur PT Senindo Kaya Abadi Richard menuturkan, perusahaannya tidak sekadar menawarkan pipa, melainkan juga sistem perpipaan untuk pasar energi, konstruksi sipil, industri, dan infrastruktur.

“Kualitas material perpipaan sangat penting, karena menyangkut kesehatan masyarakat. Terlebih pipa yang telah bersertifikat nasional dan internasional, sangat diperlukan untuk mencegah kebocoran, kerusakan, dan potensi bahaya yang lebih besar,” papar Richard dalam keterangan tertulis kepada Kompas.com, Minggu (27/10/2019).

Water Piping System dari Pipe MasterSenindo Kaya Abadi Water Piping System dari Pipe Master
Sejak dibentuk pada 2014 di Jakarta, PT Senindo Kaya Abadi telah menawarkan produk perpipaan yang diklaim kelas satu di dunia. Meliputi sistem perpipaan Lubrizol CPVC, Flowguard®, Blazemaster®, Corzan®, dan pipa Ductile Xinxing.

Richard menjelaskan, Lubrizol Advanced Materials, Inc, adalah anak perusahaan dari Berkshire Hathaway Group. Mereka merupakan penemu bahan CPVC.

Berbeda dari pipa PVC tradisional, pipa CPVC adalah salah satu material canggih yang ditemukan di AS, sejak 60 tahun lalu oleh Lubrizol.

Jika dibandingkan dengan PVC dan pipa plastik umum lainnya, pipa CPVC memiliki keunggulan, dalam hal food grade, anti api, anti ultraviolet (dapat bekerja di luar ruangan), bisa bertahan hingga suhu 95 derajat celsius, anti korosi dari air laut, dan kemudahan instalasi.

Menurut Richard, di AS sudah tidak ada pipa lain yang digunakan untuk plumbing air bersih sipil. Hanya pipa tembaga, pipa baja anti karat, dan pipa CPVC.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X