7 Fakta Jembatan Holtekamp, Si Plengkung Merah Ikon Baru Jayapura

Kompas.com - 27/10/2019, 20:06 WIB
Jembatan Holtekamp, Jayapura, Papua. Dokumentasi Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPRJembatan Holtekamp, Jayapura, Papua.

JAYAPURA, KOMPAS.com -  Jembatan Holtekamp dengan struktur plengkung baja warna merah, akan diresmikan Senin (28/10/2019) besok oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Wamen PUPR) John Wempi Wetipo memastikan hal itu saat meninjau jembatan yang melintang di atas Teluk Youtefa, Jayapura, Papua.

Menurut Wempi, diresmikannya Jembatan Holtekamp merupakan bentuk komitmen Presiden Jokowi dalam membangun infrastruktur di Papua.

Baca juga: Pembangunan Jembatan Holtekamp Papua, Bukti Jokowi Tak Setengah Hati

"Jadi tidak ada Pak Presiden membangun Papua setengah hati. Tidak begitu. Apalagi saya sebagai putra Papua yang diberikan kepercayaan menjadi Wamen PUPR, ini bukti komitmen Pak Presiden," kata Wempi menjawab Kompas.com, Minggu (27/10/2019).

Jembatan Holtekamp, Jayapura, Papua.Hari Susiyanto/Kementerian PUPR Jembatan Holtekamp, Jayapura, Papua.
Berikut tujuh fakta mengenai Jembatan Holtekamp:

1. Sinergi Pusat dan Daerah 

Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional XVIII Jayapura Osman H Marbun mengungkapkan, pembangunan Jembatan Holtekamp merupakan bentuk sinergi antara pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian PUPR, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua, dan Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura.

"Ini ibarat ikon baru Kota Jayapura," cetusnya.

2. Dikerjakan kontraktor BUMN

Pelaksanaan pembangunan dikerjakan kontraktor konsorsium BUMN yang terdiri dari PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk, PT Hutama Karya (Persero) Tbk, dan PT Nindya Karya (Persero).

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X