"Rest Area" di Tol Pemalang-Batang Dirancang sebagai Transit Bus

Kompas.com - 27/10/2019, 18:00 WIB
Ilustrasi rest area di jalan tol Kementerian PUPRIlustrasi rest area di jalan tol

JAKARTA, KOMPAS.com - Dua rest area atau tempat istirahat akan dibangun di ruas Tol Pemalang-Batang. Kelak, salah satunya akan dimanfaatkan sebagai transit hub bagi bus antar kota antar provinsi.

Presiden Direktur PT Pemalang Batang Toll Road Supriyono mengatakan, lokasi rest area itu akan berada di KM 319 arah Jakarta.

Sejauh ini, sudah ada perusahaan organda yang tertarik untuk membenamkan investasi untuk membangunnya.

Baca juga: Dua Rest Area Bakal Dibangun di Tol Pemalang-Batang

"Kerjasama dengan Rosalia Indah," kata Supriyono menjawab Kompas.com, Rabu (23/10/2019).

Rest area tersebut menjadi tempat menaikkan dan menurunkan penumpang. Selama ini, sopir bus harus keluar melalui pintu tol terdekat untuk menuju terminal bus di sebuah kota. 

Dengan adanya transit hub ini, nantinya cukup penumpang yang hendak turun yang akan keluar. 

"Artinya dia kan pool-nya kan di luar, dari pada di luar mending di dalam kan," ujarnya.

Adapun luas rest area yang dibangun mencapai 9 hektar dengan tipe A. Artinya, rest area tersebut dilengkapi dengan stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU). 

Untuk investasinya, ia menambahkan, diperkirakan menelan biaya berkisar antara Rp 150 miliar hingga Rp 200 miliar. Biaya itu, sebut dia, akan ditanggung oleh vendor

"Kami hanya kasih akses," sebut Supriyono.

Meski bekerja sama dengan vendor, ia memastikan, keberadaan transit hub tidak hanya dikhususkan bagi bus milik perusahaan organda. 



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X