Kenali 6 Prinsip Desain Kamar Mandi

Kompas.com - 25/10/2019, 09:44 WIB
Kamar mandi ShutterstockKamar mandi

KOMPAS.com - Berbicara soal fungsi utama, kamar mandi adalah tempat untuk membersihkan tubuh dari berbagai kotoran yang kasat mata dan tidak kasat mata.

Di sisi lain, kamar mandi juga punya fungsi-fungsi lain yang lebih pribadi bagi pemiliknya. Mulai dari tempat mempersiapkan diri dan bersolek pagi hari atau tempat relaksasi setelah hari yang panjang dan melelahkan.

Beberapa orang betah berlama-lama di kamar mandi, dengan rentang waktu antara 15 menit bahkan sampai satu jam.

Dengan waktu selama itu di kamar mandi, desain kamar mandi tentunya mesti disesuaikan dengan preferensi dan karakter pemiliknya.

Ada banyak sentuhan personal yang bisa diberikan seseorang pada kamar mandi di tempat tinggalnya.

Meskipun demikian, prinsip-prinsip dasar dalam mendesain kamar mandi juga tetap perlu diperhatikan.

Maka dari itu, simak enam prinsip mendesain berikut ini supaya kamar mandi tidak terasa kurang lengkap akibat ada elemen yang terlewat.

1. Keselarasan Tiga Komponen Utama

Tiga komponen utama dalam kamar mandi yang dimaksud adalah bak mandi dan/atau shower untuk membasuh tubuh, kloset untuk buang air, dan wastafel untuk mencuci tangan dan barang-barang lain.

Tiga komponen ini tentunya harus ada di kamar mandi supaya menjadi lengkap. Pastikan ketiganya memiliki kualitas yang baik dan ditempatkan pada posisi yang pas, mudah dijangkau, dan tidak mengobstruksi satu sama lain.

2. Material Lantai yang Tidak Licin

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X