24 Rumah Terdampak Gempa di Ambon Dibangun Kembali

Kompas.com - 10/10/2019, 10:35 WIB
Suasana bangunan Pasar Apung Desa Tulehu yang roboh akibat gempa bumi di Ambon, Maluku, Kamis (26/9/2019). Berdasarkan data BMKG, gempa bumi tektonik dengan kekuatan 6,5 SR tersebut akibat aktivitas sesar aktif lokal. ANTARA FOTOSuasana bangunan Pasar Apung Desa Tulehu yang roboh akibat gempa bumi di Ambon, Maluku, Kamis (26/9/2019). Berdasarkan data BMKG, gempa bumi tektonik dengan kekuatan 6,5 SR tersebut akibat aktivitas sesar aktif lokal.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 24 rumah yang terkena dampak gempa bumi di Ambon dibangun kembali melalui program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS). 

Saat ini, pembangunan rumah yang berlokasi di Desa Wayame, Kecamatan Teluk Ambon, masih berlangsung dan diperkirakan selesai pada akhir tahun 2019. 

"Ada 24 rumah yang kami lakukan bedah rumah melalui Program BSPS akibat mengalami kerusakan akibat gempa bumi di Ambon," kata Kepala Satuan Kerja Non Vertikal Tertentu Penyediaan Perumahan Provinsi Maluku Pither Pakabu, dalam keterangan tertulis, Rabu (9/10/2019).

Baca juga: Kementerian PUPR Gandeng TNI AD Rehabilitasi Wamena

Sebelumnya, Pither bersama timnya meninjau lokasi pembangunan BSPS yang berada di Desa Wayame dan Kelurahan Rumah Tiga, Kota Ambon. Banyak rumah di daerah tersebut rusak karena gempa bumi yang terjadi pada 26 September lalu. 

Hasil pemantauan, progres pembangunan telah mencapai 60 persen.  Sementara di Desa Taeno Kelurahan Rumah Tiga, didapati progres pembangunan yang telah mencapai tahap finising atau 100 persen.

Ia mengingatkan, pembangunan rumah dengan program ini harus dijaga kualitas dan mutu pekerjaannya.

Selain itu, Pither juga meminta toko yang menyalurkan material dapat memberikan sesuai dengan tahapan pekerjaan. 

"Kami harap para penerima bantuan bedah rumah ini bisa menjaga kualitas bangunan bantuan dari pemerintah," ujarnya.

Berdasarkan data, ada 3.000 unit rumah yang menerima bantuan program tersebut, yang tersebar di 11 kabupaten/kota di Provinsi Maluku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X