Siapa Paling Tajir: Puan, Bambang, atau La Nyalla?

Kompas.com - 04/10/2019, 19:00 WIB
Ketua DPR Puan Maharani (kiri), Ketua DPD La Nyalla Mattalitti (tengah), dan Ketua MPR Bambang Soesatyo (kanan). ANTARA FOTO/RISYAL HIDAYAT, GALIH PRADIPTA, NOVA WAHYUDIKetua DPR Puan Maharani (kiri), Ketua DPD La Nyalla Mattalitti (tengah), dan Ketua MPR Bambang Soesatyo (kanan).

JAKARTA, KOMPAS.com - Tiga pimpinan Parlemen periode 2019-2024, yakni Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD), secara resmi telah dilantik.

Posisi Ketua DPR dijabat oleh Puan Maharani, yang tak lain adalah mantan Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) sekaligus anak dari Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

Sementara posisi Ketua MPR dijabat oleh Bambang Soesatyo. Mantan Ketua DPR periode 2014-2019 ini terpilih secara aklamasi di dalam proses pemilihan. 

Adapun jabatan Ketua DPD dipegang oleh La Nyalla Mattalitti yang pernah menjabat sebagai Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI).

Kompas.com pun menelusuri aset properti masing-masing pucuk pimpinan tertinggi lembaga legislatif tersebut.

Penelusuran dilakukan melalui laman resmi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk mengetahui Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).

Baca juga: Ini Daftar Aset Tanah dan Properti Para Pimpinan DPR

Sebagaimana diatur dalam Surat Edaran KPK Nomor 22 Tahun 2018 tentang Petunjuk Teknis Penyampaian Laporan Harta Kekayaan dan Pemberian Tanda Terima dalam Proses Pemilihan Umum Anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota Tahun 2019–2024, ada kewajiban setiap calon anggota legislatif terpilih untuk menyerahkan LHKPN mereka ke komisi antirasuah tersebut.

Ketua DPR RI Puan Maharani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (4/10/2019).KOMPAS.com/Haryantipuspasari Ketua DPR RI Puan Maharani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (4/10/2019).
Hasilnya, Puan Maharani tampil sebagai pimpinan legislatif paling kaya dibandingkan dua pimpinan lainnya.

Dalam LHKPN tersebut, aset properti baik berupa tanah dan bangunan milik cucu Presiden Pertama RI Soekarno itu mencapai Rp 148,8 miliar. 

Aset Puan tersebar di beberapa lokasi seperti di Bali, Jakarta, dan Jawa Barat. Di Bali, aset miliknya berada di Gianyar, Klungkung, Tabanan, hingga Badung.

Di Gianyar, misalnya, Puan memiliki lahan seluas 11.990 meter persegi senilai Rp 1,69 miliar. Sedangkan di Badung lahannya seluas 850 meter dengan taksiran Rp 3,82 miliar.

Di Tabanan, lahan yang dikuasainya demikian luas yakni mencapai 128.220 meter persegi atau 12,8 hektar senilai Rp 2,69 miliar.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X