Dubes China 14 Kali Sambangi Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Kompas.com - 30/09/2019, 21:09 WIB
Dita Besar China untuk Indonesia Xiao Qian Dokumentasi PT KCICDita Besar China untuk Indonesia Xiao Qian

BEKASI, KOMPAS.com - Duta Besar (Dubes) China untuk Indonesia Xiao Qian mengungkapkan optimismenya terhadap perkembangan proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

Dia memastikan proyek yang membentang sepanjang 142,3 kilometer ini dapat rampung pada akhir 2020 dan beroperasi penuh tahun 2021.

Bukan tanpa alasan Xiao demikian optimistis, sebab selama menjalankan tugasnya menjadi duta besar untuk Indonesia sejak 1 tahun 9 bulan lalu, dia telah menyambangi proyek ini 14 kali.

Baca juga: Girder Perdana Terpasang, Kereta Cepat Jakarta-Bandung Operasi 2021

"Saya bolak-balik datang ke proyek ini 14 kali. Sejak di lokasi proyek ini belum ada apa-apanya atau masih berupa ilalang dan rumput tinggi," ungkap Xiao.

Hal itu dapat dilihat dari mulai dipasangnya girder perdana untuk struktur layang dengan bentang 30 meter dan bobot 900 ton, pada Senin (30/9/2019).

Oleh karena itu, Dubes China ke-12 dalam sejarah diplomatik kedua negara ini paham betul proyek kereta cepat Jakarta-Bandung secara mendetail dan perkembangannya dari waktu ke waktu.

Termasuk saat dilakukannya pengeboran terowongan hingga tembus ke kawasan Walini pada 14 Mei lalu.

Jadi, ketika struktur layang mulai dikerjakan, Xiao ikut bangga bahwa China berkontribusi mewujudkan sejarah dan mimpi Indonesia memiliki kereta cepat pertama di Asia Tenggara.

Pemasangan girder pertama Kereta Cepat jakarta-Bandung, Senin (30/9/2019).Hilda B Alexander/Kompas.com Pemasangan girder pertama Kereta Cepat jakarta-Bandung, Senin (30/9/2019).
Proyek kereta cepat ini bukan saja merupakan bentuk kerja sama antara konsorsium pemilik PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) dan kontraktor andal kedua negara, melainkan juga bentuk hubungan mutualisme antar kedua negara.

"Sama seperti hubungan diplomatik kedua negara yang telah berusia 70 tahun. Presiden Xi Jinping dan Joko Widodo (Jokowi) pun merestui proyek ini," imbuh dia.

Xiao mengharapkan, kehadiran kereta cepat Jakarta- Bandung dapat menstimulasi perkembangan ekonomi, industri, dan sosial kawasan di sekitar trase yang dilintasi.

Kereta cepat Jakarta-Bandung dirancang sepanjang 142,3 kilometer, 80 kilometer di antaranya merupakan struktur layang atau elevated.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X