Ridwan Kamil dan Nyoman Nuarta Jadi Juri Sayembara Ibu Kota Baru

Kompas.com - 30/09/2019, 13:26 WIB
Kawasan hutan Bukit Soeharto, kilometer 50, Jl Poros Balikpapan-Samarinda, Kalimantan Timur, Minggu (1/7/2018). TRIBUN KALTIM/FACHMI RACHMANKawasan hutan Bukit Soeharto, kilometer 50, Jl Poros Balikpapan-Samarinda, Kalimantan Timur, Minggu (1/7/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah nama besar di bidang arsitektur ditunjuk pemerintah sebagai juri pada ajang sayembara desain ibu kota negara. Terdapat sebelas nama yang akan menjadi juri.

Nama-nama besar itu, seperti Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, pematung Nyoman Nuarta yang dikenal dengan karya Garuda Wisnu Kencana (GWK), hingga Daliana Suryawinata dari SHAU Architect.

Adapun tim juri dipimpin oleh mantan Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Imam Santoso Ernawi.

Menurut Imam, para juri ini terpilih berdasarkan tiga pertimbangan. Pertama dari keahliannya. Kedua, perwakilan asosiasinya. Ketiga perwakilan akademisi.

Baca juga: Sayembara Desain Ibu Kota Baru Dibuka 2 Oktober 2019

"Dari akademisi diwakili Universitas Mulawarman Kalimantan Timur yaitu Prof Masjaya," kata Kepala Biro Komunikasi Publik Endra S Atmawidjaja kepada Kompas.com, akhir pekan lalu.

Untuk perwakilan asosiasi, sebut dia, ada tiga yang ditunjuk yaitu Ikatan Ahli Perencanaan (IAP), Ikatan Arsitek Indonesia, dan Ikatan Ahli Rancang Kota Indonesia (IARKI).

"Kalau IAP itu kan makronya, planning-nya untuk kawasan. Di level mikronya ada arsitek. Di level messo itu IARKI. Jadi, antara arsitek dan planner itu ada urban designer," ujarnya.

Baca juga: Panduan Mengikuti Sayembara Desain Ibu Kota Baru

Berikut 11 nama juri sayembara desain ibu kota:

1. Ir. Imam Santoso Ernawi, MCM, M.Sc

Jabatan: Ketua Satgas Perencana Pembangunan Infrastruktur IKN

Keanggotaan dalam tim: Ketua Tim Juri

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X