Basuki Sebut Jasa Marga Prakarsai Tol di Utara Jawa

Kompas.com - 24/09/2019, 14:00 WIB
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di lokasi uji beban Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated), Senin (23/9/2019). KOMPAS.COM/DANI PRABOWOMenteri PUPR Basuki Hadimuljono di lokasi uji beban Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated), Senin (23/9/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyatakan, pembangunan Tol Semarang-Demak akan menjadi cikal bakal dibangunnya tol di wilayah utara Jawa menuju ke kawasan timur.

Untuk proyek selanjutnya, pembangunan jalan berbayar ini akan dilanjutkan hingga ke arah Tuban, Jawa Timur, guna mengimbangi keberadaan jalan tol di jalur selatan. 

"Prakarsanya sudah ada dari Jasa Marga dan kawan-kawan," kata Basuki di kantornya, Senin (24/9/2019) malam. 

Baca juga: Perjanjian Pengusahaan Tol Semarang-Demak Ditandatangani

Berdasarkan data Kementerian PUPR, rencana pembangunan tol ruas Demak-Tuban-Gresik diprakarsai oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk-PT PP (Persero) Tbk-PT Nindya Karya.

Panjang ruas ini mencapai 236 kilometer dengan kebutuhan investasi mencapai Rp 67,95 triliun. 

Para pemrakarsa, sebut Basuki, nantinya harus melengkapi sejumlah dokumen yang diperlukan bila kelak hendak melanjutkan rencana pembangunan.

Sebagai pemrakarsa, badan usaha jalan tol (BUJT) tersebut dapat mendapatkan right to match saat proses lelang dilaksanakan. 

Sementara itu, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit berharap, lelang proyek prakarsa itu dapat dilaksanakan tahun depan.

"Lelangnya mudah-mudahan kalau bisa tahun depan ya. Tergantung kesiapan dari pemrakarsa," ujarnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku
Komentar


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X