Hasil Uji Beban Sementara Tol Layang Jakarta-Cikampek, Aman

Kompas.com - 24/09/2019, 12:01 WIB
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di lokasi uji beban Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated), Senin (23/9/2019). KOMPAS.COM/DANI PRABOWOMenteri PUPR Basuki Hadimuljono di lokasi uji beban Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated), Senin (23/9/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Uji beban Tol Layang Jakarta-Cikampek II (Elevated) dimulai, Senin (23/9/2019) malam. Proses pengujian dilakukan di KM 39 A arah Cikampek.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyatakan, ada dua uji beban yang dilaksanakan Komisi Keselamatan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJTJ) yaitu uji statis dan uji dinamis.

Pengujian dilakukan pada span yang memiliki panjang 75 meter oleh 16 truk berbobot masing-masing 26 ton.

Baca juga: Ke Bandung Lewat Tol Layang Jakarta-Cikampek, 1 Jam Lebih Cepat

"Hasilnya dari segi lendutan ternyata lebih keras jadi lebih baik. Secara umum ruas ini save. Ini sudah diuji jadi lebih baik," kata Basuki.

Ia menambahkan, uji serupa akan dilaksanakan di delapan titik lain yang memiliki keunikan bentang. Misalnya, bentang sepanjang 120 meter atau konstruksi dengan tipe girder I setinggi 4,5 meter.

"Jadi karakter yang unik ini yang akan diuji. Secara umum ruas ini save. Ini sudah diuji jadi lebih baik," ujarnya.

Adapun proses pengujian akan dilaksanakan paling cepat tiga pekan. Bila tak ada persoalan maka Kementerian PUPR akan menerbitkan sertifikat laik fungsi.

Untuk diketahui, konstruksi jalan tol layang terpanjang se-Indonesia ini telah mencapai 96,5 persen.

Saat ini, pekerjaan yang tersisa tinggal pekerjaan minor seperti pengaspalan, pemasangan rambu dan marka jalan hingga pembangunan gardu tol.

Basuki menargetkan jalan tol ini dapat beroperasi pada November 2019. Dengan demikian, saat musim mudik Natal dan Tahun Baru 2020 jalan berbayar ini sudah dapat digunakan.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X