Akhirnya, RS Bhayangkara ke-52 Berdiri di Bangka Belitung

Kompas.com - 19/09/2019, 10:00 WIB
RS Bhayangkara yang baru diresmikan di Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung, Rabu (18/9/2019). KOMPAS.COM/HERU DAHNURRS Bhayangkara yang baru diresmikan di Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung, Rabu (18/9/2019).

PANGKAL PINANG, KOMPAS.com - Sempat terkendala anggaran selama hampir lima tahun, RS Bhayangkara Polri akhirnya resmi beroperasi di Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung, Rabu (18/9/2019).

RS Bhayangkara bisa dibangun setelah Pemprov Kepulauan Bangka Belitung pada 2009 menghibahkan lahan seluas 12 hektar di komplek perkantoran gubernur Air Itam, Pangkal Pinang.

"Lahannya sudah ada sejak 2009. Tapi butuh waktu karena anggaran polri yang terbatas. Tahun 2016 saya masih presentasi agar rumah sakit ini bisa segera dibangun. Alhamdulillah akhirnya berdiri juga," kata Kapolda Kepulauan Bangka Belitung, Brigjen (Pol) Istiono saat peresmian, Rabu siang.

Baca juga: Gedung Rumah Sakit Indonesia Masuk Nominasi World Architecture Festival 2019

Dia menuturkan, RS Bhayangkara merupakan rumah sakit tingkat empat atau Tipe-D dengan satu bangunan yakni gedung A yang telah rampung.

Sementara gedung lainnya bakal dibangun bertahap. Sebagian gedung ada yang dalam proses pengerjaan.

Kapusdokkes Polri Brigjen Musayafak mengatakan, RS Bhayangkara di Pangkal Pinang merupakan yang ke-52 di seluruh Indonesia.

Rumah sakit ini bakal melayani pasien dari kalangan anggota Polri maupun masyarakat umum. Kehadiran RS Bhayangkara juga diharapkan bisa memperkuat pengungkapan kasus hukum melalui proses visum et repertum.

"Jadi tetap ada fungsi khusus dalam penanganan kasus hukum sesuai tugas di kepolisian," ujar Musayafak.

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman yang hadir saat peresmian mengatakan, kehadiran rumah sakit akan memperluas jangkauan pelayanan pada masyarakat.

"Kami berharap fasilitasnya terus ditingkatkan sehingga menjadi rumah sakit rujukan. Harus bisa bersinergi dengan Puskesmas yang ada di sekitarnya," ucap Erzaldi. 

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X