5 Cara Cegah Kutu Tak Ikut Anda Setelah Bepergian

Kompas.com - 15/09/2019, 16:00 WIB
Ilustrasi koper Apartmenttherapy.comIlustrasi koper

KOMPAS.com - Suka atau tidak, kutu senang melakukan 'perjalanan'. Dalam hal ini, mereka tak hanya bersembunyi dan berkembang biak di tempat tidur, sofa atau pakaian, tetapi juga 'menumpang' koper pakaian bila ada kesempatan.

Oleh karena itu, memastikan bahwa kutu-kutu tersebut tidak ikut masuk ke dalam rumah menjadi sebuah hal yang penting. Lantas, bagaimana caranya?

1. Periksa koper 

Dilansir dari Apartementtheraphy, sebelum membawa masuk koper, pastikan Anda memeriksanya secara cermat terlebih dahulu.

Anda dapat membongkar dan mengecek satu per satu setiap bagian jengkal koper, agar kutu tak ikut masuk.

2. Segera cuci pakain di dalam koper

Segera masukkan pakaian yang ada di dalam koper ke dalam mesin cuci. Gunakan air dengan suhu tinggi untuk membunuh kutu dan telur-telurnya yang mungkin terjatuh. 

3. Bersihkan koper

Anda dapat menyemprotkan koper yang baru digunakan, baik bagina dalam mapun luas, dengan menggunakan alkohol gosok isopropil 91 persen.

Cara lainnya yakni gunakan pengukus garmen untuk mengukus koper dan membantuk menghilangkan kutu dan telurnya.

4. Bersihkan barang bawaan

Halaman:


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X