Kompas.com - 09/09/2019, 12:29 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek II (Elevated) ditargetkan beroperasi penuh awal 2020. Tol sepanjang 36,4 kilometer ini sudah dapat digunakan fungsional saat arus mudik dan balik Natal dan Tahun Baru mendatang. 

PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek (JJC) mengklaim, hingga akhir Agustus 2019 pekerjaan konstruksi telah mencapai 95,11 persen atau sesuai target.

Namun, penyelesaian konstruksi jalan berbayar ini secara keseluruhan dijadwalkan akhir September 2019. 

Direktur Pengembangan Usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk Adrian Priohutomo mengungkapkan, salah satu kendala dalam penyelesaian proyek ini adalah relokasi menara Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) di KM 17. 

Baca juga: Mundur Lagi, Tol Layang Jakarta-Cikampek Beroperasi Libur Natal

"Untuk mengatasi sisa pekerjaan tersebut, Jasa Marga akan lebih ketat dalam memonitor dan mengendalikan proses penanganan SUTET di KM 17, serta lebih luas lagi melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait agar didapat metode pelaksanan pekerjaan yang lebih cepat dan aman," kata Adrian dalam keterangan tertulis, Senin (9/9/2019). 

Selain itu, 5 persen pekerjaan lain yang belum selesai seperti erection SIG, pengaspalan, dan expansion joint.

"Secara masif semuanya ditargetkan selesai pada bulan September ini," jelas Adrian.

Direktur Utama PT JJC Djoko Dwijono menyatakan, akan memaksimalkan seluruh pekerjaan sehingga tol ini dapat digunakan secara fungsional pada akhir tahun 2019.

"Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek II (Elevated) kami targetkan dapat digunakan secara fungsional pada akhir tahun untuk mendukung pelaksanaan arus mudik Libur Natal & Tahun Baru 2019 dan beroperasi penuh pada awal tahun 2020," tuturnya.

Tol Layang Jakarta-Cikampek II (Elevated) terbentang mulai dari Cikunir (Sta 9+500) hingga Karawang Barat (Sta 47+500).

Kehadiran tol ini diharapkan dapat menjadi salah satu solusi memecah kemacetan di ruas Tol Jakarta-Cikampek eksisting. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.