Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hutama Karya Targetkan Penandatanaganan PPJT Binjai-Langsa Oktober

Kompas.com - 05/09/2019, 18:16 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hutama Karya (Persero) menargetkan perjanjian pengusahaan jalan tol (PPJT) ruas Aceh-Medan segmen Binjai-Langsa sepanjang 90 kilometer dapat ditandatangani paling lambat Oktober 2019.

"Kami sudah kirim surat ke Menteri PUPR yang sekarang sedang melakukan kajian riset kami. Misalnya IC (interchange), bener enggak bangunan sekian," kata Kepala Divisi Pengembangan Jalan Tol HK Agung Fajarwanto di Kantor Kementerian BUMN, Kamis (5/9/2019). 

Kajian itu, sebut dia, dilakukan Direktorat Jenderal Bina Marga. Setelah pembahasan selesai, nantinya ada pembahasan bersama antara HK dan Kementerian PUPR untuk langkah selanjutnya.

Baca juga: Tiga Ruas Tol Trans Sumatera Siap Dilintasi Akhir Tahun

"Target kami harusnya enggak sampai Oktober sudah PPJT," imbuh Agung.

Fajar memperkirakan, investasi yang dibutuhkan untuk pembangunan jalan berbayar ini lebih dari Rp 9 triliun, dengan rincian perkiraan biaya konstruksi sebesar Rp 100 miliar per kilometer.

Meski demikian, kebutuhan anggaran tersebut belum final, karena masih ada komponen anggaran lain yang harus diperhitungkan.

"Masih ada Interest During Construction (IDC), ada perencanaan, pengawasan, overhead," cetus Agung. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com