Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Ruas Tol Trans Sumatera Siap Dilintasi Akhir Tahun

Kompas.com - 05/09/2019, 13:35 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tiga ruas Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang digarap PT Hutama Karya (Persero) ditargetkan dapat beroperasi hingga akhir tahun ini.

Ketiga ruas yang dimaksud yaitu Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung, Pekanbaru-Dumai, dan Banda Aceh-Sigli.

Kepala Divisi Pengembangan Jalan Tol HK Agung Fajarwanto menjelaskan, untuk ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung yang akan beroperasi sepanjang 189 kilometer.

Bila tak ada rintangan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) direncanakan meresmikan akhir September 2019.

Baca juga: Tol Trans Sumatera, Geliat Ekonomi, dan Lonjakan Harga Tanah

"Tadi sebagaimana dijelaskan target (pengoperasian tol) utama dari Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung," kata Fajar di Kantor Kementerian BUMN, Kamis (5/9/2019).

Kehadiran tol ini diyakini dapat memangkas waktu tempuh perjalanan masyarakat dari Bakauheni-Palembang dan arah sebaliknya cukup signifikan, yaitu dari 10-12 jam menjadi hanya 4 jam saja. 

Uji laik operasi yang dilakukan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Korps Lalu Lintas Polri dan Kementerian Perhubungan, juga telah dilakukan dan menyisakan sejumlah catatan yang harus diselesaikan. 

"Sekarang kami sedang memperbaiki catatan. Secara fisik sudah, sisa pekerjaan hanya di rest area nanti akan kami siapkan," ujarnya. 

Sementara itu untuk ruas Pekanbaru-Dumai ditargetkan dapat beroperasi pada November 2019. Proses pembebasan lahan sendiri, sebut dia, sudah hampir 100 persen.

Namun, masih ada beberapa hal yang perlu dikoordinasikan dengan pihak lain agar konstruksi dapat selesai sesuai target. 

Sedangkan untuk ruas Banda Aceh-Sigli yang ditargetkan beroperasi dalam waktu dekat yaitu Seksi IV Indrapuri-Blang Bintang sepanjang 13,5 kilometer. 

"Di penghujung tahun akan ada sebagian dari Aceh-Sigli," tuntas Fajar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com