Indonesia Harap Kerjasama Infrastruktur dengan Timor Leste Meningkat

Kompas.com - 30/08/2019, 22:09 WIB
Kunjungan bilateral Menteri PUPR Basuki Hadimuljono ke Istana Presiden Timor Leste, Kamis (29/8/2019). Kementerian PUPRKunjungan bilateral Menteri PUPR Basuki Hadimuljono ke Istana Presiden Timor Leste, Kamis (29/8/2019).
Penulis Dani Prabowo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah berharap, hubungan bilateral antara Indonesia dan Timor Leste semakin baik. Selama ini, hubungan kedua negara, terutama dalam hal pengembangan infrastruktur sudah terjalin erat.

Bahkan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimulyono menyebut, nilai proyek konstruksi dan konsultasi Indonesia pada sejumlah proyek infrastruktur di Timor Leste terus mengalami peningkatan.

Basuki menyatakan, pembangunan infrastruktur fisik memang sangat penting untuk kemajuan sebuah negara. Namun dalam pelaksanaannya perlu mendapat dukungan dari sumber daya manusia yang kompeten.

"Dalam hal ini, Indonesia juga ingin mendukung pengembangan sumber daya manusia Timor Leste melalui program kerja sama teknis di berbagai sektor," kata Basuki di Istana Presiden Timor Leste, Kamis (29/8/2019).

Kedatangan Basuki ke sana adalah sebagai Utusan Khusus Presiden Joko Widodo untuk menghadiri Peringatan ke-20 Hari Pelaksanaan Jajak Pendapat di Dili, Timor Leste, Jumat, 30 Agustus 2019. Basuki juga melakukan kunjungan kehormatan kepada Presiden Timor Leste Francisco Guterres Lu Olo di Istana Presiden, Dili, Timor Leste.

Basuki menyatakan, sejauh ini kerjasama peningkatan kapasitas SDM Timor Leste yang telah dilaksanakan Kementerian PUPR antara lain pelatihan rehabilitasi dan rekonstruksi konstruksi jalan, program dan budgeting, dan pelatihan tenaga teknik operasional untuk operator buldozer dan alat-alat berat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kami percaya kerjasama antar kedua negara akan membuat Timor Leste menjadi negara tangguh di Asia Tenggara dan mandiri secara ekonomi maupun politik," ucap Basuki.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X