Melintasi Mulusnya Tol Trans Sumatera dalam 6 Jam

Kompas.com - 30/08/2019, 08:00 WIB
Simpang Susun Kota Baru Ruas Tol Bakauheni-Terbanggi Besar Kristianto Purnomo/Kompas.comSimpang Susun Kota Baru Ruas Tol Bakauheni-Terbanggi Besar

PALEMBANG, KOMPAS.com - Mulus dengan kondisi bagus. Demikian pandangan mata, dan pengalaman Tim Kompas.com saat melakukan perjalanan ekspedisi Merapah Trans Sumatera 2019 melintasi Jalan Tol Trans Sumatera.

Hari pertama, Selasa (27/8/2019) Tim Kompas.com melintasi ruas Tol Bakauheni-Terbanggi Besar sepanjang 140,7 kilometer.

Kendati secara umum dalam kondisi mulus dan bagus, namun di sejumlah titik bergelombang atau bumpy, sehingga pengguna jalan tol diharapkan dapat mengendalikan kendaraannya dengan konsentrasi tinggi.

Ada yang menarik di ruas tol ini yakni simpang susun atau interchange panoramik. Simpang susun Kotabaru yang berada di Seksi III direkomendasikan sebagai simpang susun dengan panorama tercantik.

Baca juga: Ekspedisi Kompas.com Merapah Trans Sumatera 2019 Dimulai

Operasional Manager Hutama Karya Tol Bakauheni-Terbanggi Besar Hery Prasetyo mengatakan, selain dapat menyaksikan hamparan hijau perkebunan di sisi kanan dan kiri jalur tol, terdapat Gunung Betung.

"Pemandangan panoramik ini tidak akan membuat pengguna jalan tol merasa bosan," kata Hery. 

Gerbang Tol Pematang PanggangKristianto Purnomo/Kompas.com Gerbang Tol Pematang Panggang
Tol Bakauheni-Terbanggi Besar mencakup empat seksi. Seksi I Bakauheni-Sidomulyo (39 kilometer), Seksi II Sidomulyo-Kotabaru (40 kilometer), Seksi III Kotabaru-Metro (30 km), dan Seksi IV Metro-Terbanggi Besar.

Selain itu terdapat 11 gerbang tol yakni Bakauheni Selatan, Bakauheni Utara, Kalianda, Sidomulyo, Lematang, Kotabaru, Natar, Tegineneng Barat, Tegineneng Timur, Gunung Sugih, dan Terbanggi Besar.

Untuk dapat menikmati tol panoramik ini, pengguna kendaraan Golongan I harus merogoh kocek sebesar Rp 112.500.

Lepas dari ruas Tol Terbanggi Besar, Tim Kompas.com melanjutkan perjalanan hari kedua, Rabu (28/8/2019) dengan melintasi ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang, dan Pematang Panggang-Kayu Agung.

Dua ruas tol ini dirancang sepanjang 189 kilometer. Kendati belum diresmikan, ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang dan Pematang Panggang-Kayu Agung telah menjalani uji laik fungsi dan siap untuk dioperasikan.

Tim Kompas.com Merapah Trans Sumatera 2019 menjajal Ruas Tol Bakauheni-Terbanggi Besar, Selasa (27/8/2019).Kristianto Purnomo/Kompas.com Tim Kompas.com Merapah Trans Sumatera 2019 menjajal Ruas Tol Bakauheni-Terbanggi Besar, Selasa (27/8/2019).
Pasalnya, secara umum, konstruksi jalan utama, marka dan rambu jalan, sudah sempurna dan siap digunakan. Demikian halnya dengan fasilitas seperti rest area baik di jalur A maupun jalur B.

"Kami harapkan segera diresmikan oleh Presiden Joko Widodo September nanti," ujar Pemimpin Proyek Hutama Karya Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang Bambang Eko.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X