Sampai Agustus, 847 Ribu Rumah Sudah Terbangun

Kompas.com - 29/08/2019, 11:25 WIB
Dirjen Penyediaan Perumahan Khalawi Abdul Hamid Kementerian PUPRDirjen Penyediaan Perumahan Khalawi Abdul Hamid
Penulis Dani Prabowo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mengebut penyelesaian target Program Sejuta Rumah ( PSR). Tahun ini, ditargetkan tak kurang dari 1,25 juta unit rumah dapat terbangun.

Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Khalawi Abdul Hamid mengatakan, capaian PSR telah menembus 67,8 persen sejauh ini.

"Capaian realisasi sampai dengan 26 Agustus 2019 sebanyak 847.611 unit," kata Khalawi dalam sebuah diskusi di Jakarta, Kamis (29/8/2019).

Ia mengklaim, capaian PSR dari tahun ke tahun sudah cukup baik. Pada akhir 2018, tercatat 3,54 juta unit rumah telah terbangun dengan komposisi 70 persen rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dan sisanya non-MBR.

Kendati demikian, untuk dapat menyelesaikan angka kebutuhan rumah atau backlog yang mencapai 7,6 juta unit, diperlukan sejumlah langkah strategis. Apalagi, bila pada periode kedua pemerintahan Presiden Joko Widodo, PSR akan kembali dilanjutkan.

"Sejumlah langkah penguatan dan inovasi untuk program ini akan terus dilakukan," kata dia.

Adapun inovasi yang dimaksud seperti penyesuaian harga rumah subsidi, standarisasi bangunan , hingga penyediaan perumahan terjangkau di lokasi strategis.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X