Kalimantan Timur Sudah Lama Diincar Pengembang Kakap

Kompas.com - 28/08/2019, 09:00 WIB
Borneo Bay City di Balikpapan, Kalimantan Timur. Dokumentasi Agung Podomoro LandBorneo Bay City di Balikpapan, Kalimantan Timur.

JAKARTA, KOMPAS.com — Provinsi Kalimantan Timur telah lama diincar para pengembang properti kakap.

Nama-nama mentereng semacam Sinarmas Land, Ciputra Group, PT Agung Podomoro Land Tbk (APLN), Borneo Inti Graha, dan Pintu Air Mas Group telah menggarap pasar Balikpapan dan Samarinda.

Dua kota ini paling aktif dalam hal pengembangan properti, baik perumahan, hotel, pusat belanja, maupun komersial ritel.

Betapa tidak, perekonomian Kalimantan Timur dari 2011 hingga kuartal I-2019 selalu tumbuh di atas 5 persen.

Pada kuartal I-2019, perekonomian tercatat tumbuh 5,36 persen secara tahunan, lebih tinggi dibandingkan kuartal IV-2018 sebesar 5,14 persen.

Baca juga: Viral Iklan Apartemen Agung Podomoro di Ibu Kota Baru, Ini Kisahnya

Menurut Bank Indonesia (BI), capaian pertumbuhan ekonomi Kalimantan Timur ini berada di atas level pertumbuhan ekonomi nasional ataupun regional Kalimantan yang masing-masing 5,07 persen dan 5,33 persen.

Secara spasial, Kalimantan Timur juga merupakan satu-satunya wilayah di Kalimantan yang mengalami akselerasi pertumbuhan ekonomi pada triwulan I-2019.

Di sisi lapangan usaha, optimalisasi produksi pertambangan batubara seiring dengan kondisi cuaca yang lebih kondusif dibandingkan tahun sebelumnya serta permintaan eksternal yang positif dari beberapa negara mitra dagang utama menjadi pendorong kinerja lapangan usaha ini.

Lebih lanjut, menurut BI, penyelesaian beberapa proyek infrastruktur pemerintah dan badan usaha milik negara (BUMN) juga turut mendukung kinerja perekonomian Kalimantan Timur.

Sementara itu, akselerasi pertumbuhan ekonomi Kalimantan Timur di sisi pengeluaran bersumber dari akselerasi PMTB dan konsumsi swasta.

Peningkatan kinerja investasi Kalimantan Timur didorong oleh investasi bangunan berupa pengerjaan proyek-proyek infrastruktur pemerintah, proyek BUMN, ataupun swasta serta ekspansi lapangan usaha pertambangan yang masih berlanjut.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X