Per Agustus 2019, REI Jabar Bangun 25.000 Rumah

Kompas.com - 24/08/2019, 19:00 WIB
Ilustrasi rumah subsidi. KOMPAS.com / DANI PRABOWOIlustrasi rumah subsidi.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengembang anggota DPD REI Jawa Barat (Jabar) telah membangun 25.000 unit rumah hingga 23 Agustus 2019.

Seluruh rumah tersebut merupakan rumah subsidi dengan skema Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan ( FLPP).

Pencapaian tersebut masih kurang 10.000 unit lagi dari total yang ditargetkan yakni 35.000 unit pada tahun ini.

Ketua DPD REI Jabar Joko Suranto menyampaikan kinerjanya kepada Kompas.com, Jumat (23/8/2019).

Menurut Joko, rumah-rumah yang berhasil dibangun ini merupakan kontribusi dari 411 pengembang anggota DPD REI Jabar.

Baca juga: Kuota FLPP Tak Kunjung Cair, REI Jabar Sangsi Target Sejuta Rumah Tercapai

"Mereka terus membangun di tengah keterbatasan dan kondisi yang sangat menantang tahun-tahun terakhir ini," kata Joko.

Oleh karena itu, Joko mewakili para pengembang DPD REI Jabar mendesak pemerintah untuk segera mencairkan kuota tambahan FLPP 100.000 unit.

Hal ini, menurutnya sangat penting, demi menjaga keberlanjutan bisnis dan industri perumahan. Tak hanya di Jawa Barat, juga secara Nasional.

"Kuota FLPP di sejumlah bank sudah habis. Terutama BTN. Ini akan mengganggu arus kas dan para pengembang kecil ini berpotensi mengalami kesulitan finansial," cetus Joko.

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyatakan telah berkirim surat kepada Menteri Keuangan Sri Mulyani terakit kuota tambahan FLPP 100.000 unit.

"Sudah saya kirim suratnya dari saya ke Bu Menkeu, (nantinya) jadi 100 (ribu) berapa itu ya, lupa saya," kata Basuki menjawab Kompas.com, Jumat (2/8/2019).

Seperti diketahui, alokasi anggaran FLPP kian menipis akibat serapan yang tinggi. Dari target 68.858 unit rumah subsidi FLPP yang akan disalurkan, realisasi hingga kuartal II-2019 telah mencapai 67 persen atau sekitar 46.174 unit.

"Saya perkirakan Agustus ini habis. Sehingga kita minta tambahan," ungkapnya.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X