Rumah Direnovasi TNI AL, Kakak Beradik Bersyukur Tak Lagi Kebocoran

Kompas.com - 22/08/2019, 14:13 WIB
Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa (tengah), saat memberikan keterangan kepada awak media selepas peresmian agenda renovasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Lamongan, Rabu (21/8/2019). KOMPAS.COM/HAMZAH ARFAHGubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa (tengah), saat memberikan keterangan kepada awak media selepas peresmian agenda renovasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Lamongan, Rabu (21/8/2019).

LAMONGAN, KOMPAS.com - Beberapa bangunan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di wilayah Jawa Timur, termasuk Lamongan, direnovasi TNI Angkatan Laut (AL) melalui program karya bakti tahun 2019 bekerja sama dengan Pemprov Jawa Timur (Jatim).

Ada sebanyak 867 unit rumah di seluruh Jatim yang bakal direnovasi pada agenda kali ini, dengan di Kabupaten Lamongan sendiri terdapat 84 RTLH.

Dua di antaranya, rumah milik kakak-beradik, Naning Suryati (51) dan Asmawati (32), yang berada di Kelurahan Sukomulyo, Kecamatan Lamongan Kota, Lamongan.

"Alhamdulillah, sangat-sangat bersyukur, senang sekali. Terima kasih atas bantuannya yang diberikan," ujar Naning, Rabu (21/8/2019).

Sebelum mendapat bantuan berupa renovasi, baik Naning maupun Asmawati mengaku, telah disurvei oleh RT setempat serta perwakilan dari TNI AL.

Baca juga: Tiga Solusi Bank Dunia Pecahkan Masalah Rumah Murah

Mereka sengaja melihat lebih dekat, kondisi rumah Naning dan Asmawati yang masing-masing berukuran 3x8 meter tersebut.

"Rumah ini peninggalan (warisan) orang tua, kami bagi dua. Tapi kami nggak bisa memperbaiki, jadi kondisinya seperti itu," ucap dia.

"Maklum saja, suami saya sudah meninggal. Sedangkan suami adik saya ini hanya wiraswasta, buat biaya hidup dan sekolah anak saja kadang tidak cukup," kata Naning.

Sebelumnya, baik rumah Naning maupun Asmawati hanya berdinding anyaman bambu, serupa dengan plafon atap rumah yang sudah usang dan kerap kebocoran saat musim hujan.

"Bocor kalau hujan, juga banjir (menggenang). Kan lantai masih dari tanah, jadi banjir dan tenggelam biasanya. Tapi kalau hujannya reda, lama-kelamaan juga surut airnya," kata Asmawati.

Indikator Penerima Bantuan

Dalam peresmian agenda tersebut secara simbolis dilakukan oleh Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, dan juga Komandan Lantamal V Laksamana Pertama TNI Tedjo Sukmono, bertempat di alun-alun Lamongan yang lantas dilanjutkan dengan peninjauan ke rumah Naning dan Asmawati.

Halaman:


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X