Waskita Beton Incar Proyek Ibu Kota Baru

Kompas.com - 20/08/2019, 13:22 WIB
Plant Karawang PT Waskita Beton Precast (Persero) Tbk Dokumentasi Waskita Beton PrecastPlant Karawang PT Waskita Beton Precast (Persero) Tbk

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP) membidik proyek ibu kota negara yang rencananya akan dipindahkan dari DKI Jakarta ke Kalimantan.

Rencana pemindahan ini kian menguat setelah Presiden Joko Widodo meminta izin pemindahan di hadapan Parlemen saat pidato kenegaraan, Jumat (16/8/2019) lalu. 

Corporate Secretary WSBP Fathia Syafurah mengungkapkan, saat ini WSBP tengah menyiapkan sebuah plant baru di Penajam Passer Utara, Kalimantan Timur.

Selain untuk menyerap potensi pasar ke depan di wilayah tengah dan timur Indonesia, plant ini juga disiapkan bila pemindahan ibu kota direalisasikan. 

Baca juga: Sampai Juli, Waskita Beton Raup Kontrak Baru Rp 3,29 Triliun

"Untuk proyek infrastruktur kan masih banyak ke depan yang pasti. Belum lagi yang ibu kota yang salah satunya akan dapat besar," kata Fathia di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Selasa (20/8/2019).

Plant Penajam akan memiliki kapasitas produksi 250.000 ton per tahun. Plant ini memproduksi produk precast berupa box girder, PCT girder, square pile, dan CCSP. 

Dengan fasilitas penunjang yang sudah ada berupa area produksi, area workshop, dan area pengolah limbah, WBSP berencana untuk ekspansi dengan memiliki dermaga sendiri, sehingga dapat mempermudah akses pengiriman produk-produk precast langsung dari plant tersebut ke pulau-pulau lainnya. 

Untuk diketahui, saat ini PT Waskita Karya (Persero) Tbk melalui anak usahanya PT Waskita Toll Road tengah melakukan pra kualifikasi proyek Jembatan Tol Balikpapan-Penajam Passer Utara. Sebagai pemrakarsa, WTR mendapatkan right to match pada saat tender. 



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X