Jelang Operasi, Tol Pertama di Kalimantan Jalani Uji Laik

Kompas.com - 12/08/2019, 15:00 WIB
Ikon Tol Balikpapan-Samarinda, Jembatan Manggar, Jumat (7/9/2018).Kompas.com / Hilda B Alexander Ikon Tol Balikpapan-Samarinda, Jembatan Manggar, Jumat (7/9/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) tengah melakukan uji pra laik fungsi terhadap Tol Balikpapan-Samarinda.

Uji laik fungsi ini khusus untuk Seksi 2-4 yang digarap badan usaha PT Jasamarga Balikpapan Samarinda.

"Ini sudah mulai pra-LF, pastinya 1-2 minggu ini kami umumkan untuk laik operasinya," kata Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit di Jakarta, Jumat (9/8/2019).

Saat ini, progres konstruksi Seksi 2-4 Samboja-Samarinda sepanjang 66,43 kilometer, telah mencapai 94,97 persen dan pembebasan lahannya 99,49 persen. 

"Harapan kita paling tidak dari badan usaha (operasi September)," kata dia. 

Baca juga: BPJT Tunggu Usulan Perpanjangan Tol Balikpapan-Samarinda-Bontang

Adapun untuk Seksi 1 dan 5 sepanjang 33,08 kilometer yang digarap pemerintah, telah menembus 94,91 persen untuk konstruksi, dengan pembebasan lahan mencapai 99,53 persen. 

Terkait operasionalisasi kedua seksi ini, Danang menyebut, masih akan berkonsultasi dengan Direktur Jenderal Bina Marga Sugiyartanto.

"Ada satu seksi yang kecil yang harus diselesaikan pemerintah. Kami masih membahas terus tentang hal itu," ujarnya.

Untuk diketahui, Tol Balikpapan-Samarinda menjadi jalan berbayar pertama yang dibangun pemerintah di Kalimantan. Investasi yang dibenamkan senilai Rp 9,97 triliun. 

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X