Siapkan Benda-benda Ini Sebelum Listrik Black Out Lagi...

Kompas.com - 08/08/2019, 19:00 WIB
Sejumlah produk darurat yang ditawarkan ACE Hardware.Kawan Lama Group Sejumlah produk darurat yang ditawarkan ACE Hardware.

JAKARTA, KOMPAS.com - Padamnya listrik secara massal di sebagian besar wilayah Pulau Jawa, beberapa waktu lalu, harus disikapi dengan peningkatan kewaspadaan atas potensi kejadian serupa pada masa yang akan datang.

Marketing Director Kawan Lama Group Nana Puspa Dewi mengatakan, dengan antisipasi, paling tidak dampak dari kondisi tersebut dapat diminimalisasi.

"Kondisi darurat seperti terjadinya listrik padam tentunya tidak diharapkan. Kami membantu menghadirkan berbagai produk antisipatif sebagai solusinya," kata Nana dalam keterangan tertulis kepada Kompas.com, Kamis (8/8/2019).

Selain genset dengan beragam ukuran dan daya yang dapat menyuplai listrik pengganti, juga siapkan produk-produk darurat lainnya, sehingga kegiatan sehari-hari tidak terganggu.

Produk tersebut, misalnya, penerangan darurat berupa model gantung atau portabel, dengan pilihan pengisian sumber daya yang dapat diisi ulang dengan listrik, sinar matahari, baterai, bahkan power bank.

Baca juga: Tagihan Membengkak, Ini 5 Cara Menghemat Listrik

Suhu udara juga kerap menjadi kendala ketika listrik mati. Karena itu, siapkan benda seperti kipas angin dengan model portabel atau standing, atau kipas angin darurat dengan uap yang membuat udara lebih sejuk dengan waktu pemakaian hingga 20 jam.

Di samping itu juga sediakan evaporate air cooler untuk menurunkan suhu udara dengan dilengkapi baterai yang bisa diisi ulang.

"Sedangkan cooler box bisa membantu untuk menyimpan barang yang perlu tetap dijaga suhunya agar tetap dingin, seperti ASI," ujarnya.

Sementara itu untuk menjaga agar sirkulasi udara di akuarium terjamin, bisa disiapkan air pump.

Alat ini dapat membantu menyuplai udara ke dalam akuarium. Dengan konsumsi daya sebesar 1 watt, alat ini dapat digunakan dalam kurun 2-4 jam.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X