Satu Lagi, Ruas Tol Trans Sumatera Bakal Dibuka

Kompas.com - 08/08/2019, 13:00 WIB
Ilustrasi jalan tolKementerian PUPR Ilustrasi jalan tol

JAKARTA, KOMPAS.com - Pekerjaan konstruksi Tol Trans Sumatera ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung terus dikebut. Diharapkan masyarakat dapat menikmati jalan berbayar itu pada bulan Agustus ini.

Direktur Utama PT Hutama Karya (Persero) Bintang Perbowo menyatakan, kehadiran tol tersebut akan melengkapi Tol Bakauheni-Terbanggi Besar yang telah beroperasi penuh dan diresmikan Presiden Joko Widodo sejak Maret 2019 lalu.

"Untuk ruas sepanjang 185 kilometer ini direncanakan akan diresmikan langsung oleh Presiden pada bulan Agustus 2019 dan siap beroperasi," kata Bintang dalam keterangan tertulis, Rabu (7/8/2019).

Merujuk data monitoring jalan tol Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), saat ini pekerjaan konstruksinya telah mencapai 94,18 persen.

Jalan tol ini terbagi atas dua seksi, yaitu Seksi 1 Terbanggi Besar-Pematang Panggang (112,2 kilometer) dan Seksi 2 Pematang Panggang-Kayu Agung (77 kilometer).

Baca juga: Kebakaran Hutan Dipastikan Tak Ganggu Lalin Tol Palindra

Bintang menambahkan, sisa pekerjaan konstruksi yakni untuk ruas Kayu Agung-Betung sepanjang 33 kilometer yang tersambung sampai Palembang, konsesinya dipegang pihak lain.

"Ketika keseluruhan ruas tersebut tersambung, maka dapat dipastikan Lampung-Palembang akan mulus akhir tahun ini," uc.ap Bintang.

Sementara itu di bagian utara Sumatera, HK telah merampungkan pembangunan Seksi 2 dan 3 ruas Medan-Binjai sepanjang 11 kilometer.

Adapun untuk Seksi 1 (Tanjung Mulia-Helvetia) sepanang 6,77 kilometer kini konstruksinya telah mencapai 11 persen.

"Dengan demikian, selama 4,5 tahun terakhir ini Hutama Karya telah menyelesaikan Jalan Tol Trans Sumatera sepanjang kurang lebih 470 km," ungkapnya.

Ia pun optimistis, ruas Pekanbaru-Dumai sepanjang 131 kilometer juga akan rampung pada akhir tahun ini.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X