Enam Proyek KPBU Perumahan Ditargetkan Mulai 2020

Kompas.com - 07/08/2019, 22:00 WIB
Ilustrasi rumah subsidi. KOMPAS.com / DANI PRABOWOIlustrasi rumah subsidi.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah menyiapkan proyek perumahan yang akan dibangun dengan skema kerjasama pemerintah dengan badan usaha ( KPBU).

Rencananya, pelaksanaan proyek tersebut akan dieksekusi pada tahun depan. 

Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan Eko D Heripoerwanto mengatakan, ada sekitar enam proyek KPBU yang tengah disiapkan Kementerian PUPR.

"Sebagian besar dari proyek-proyek tersebut saat ini masih dalam studi pendahuluan," kata Eko di kantornya, Rabu (7/8/2019). 

Terkait pendanaan, ia berharap, swasta-lah yang dapat berperan lebih besar dalam menyediakan anggaran. Meski demikian, Eko belum dapat merinci seperti apa skema pembiayaan yang akan dilaksanakan. 

Baca juga: Menyerah, Kementerian PUPR Akui Tak Sanggup Bangun Sejuta Rumah

"Kalau pun ada pemerintah, itu KPBU-nya sifatnya availability payment. Dan itu baru dibayar pemerintah dua tahun atau lebih setelah bangunan rusun, kalau ini rusun, sudah melayani masyarakat," tambah Eko.

Keenam proyek tersebut adalah, pertama di Pasar Sekanak, Palembang yang akan memanfaatkan aset pemda.

Saat ini tahapannya baru dalam proses mempersiapkan data teknis untuk mendukung penyiapan studi pendahuluan dan koordinasi dengan tim KPBU Kota Palembang.

Kedua, KPBU Kawasan Gang Waru di Pontianak dengan menggunakan lahan milik masyarakat.

Saat ini yang tengah dilakukan yaitu menyiapkan data teknis dalam rangka identifikasi proyek, serta koordinasi dan rencana peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) dnegan tim KPBU Kota Pontianak.

Berikutnya, KPBU Kawasan Pemukiman Kota Bekasi dengan memanfaatkan lahan milik pengembang.

Halaman:


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X